Cara Membuka Baut Kecil Tanpa Obeng, Apakah Benar Bisa?


Baut merupakan bentuk pengikat berulir yang dapat dipasangkan dengan ulir jantan eksternal, tetapi pemasangan tersebut tidak paten melainkan bisa dibuka kembali atau dipasang kembali sesuai dengan keinginan. Nah untuk memasang, melepas, mengencangkan, dan juga mengendorkan suatu baut, tentunya itu membutuhkan alat penunjang seperti salah satunya adalah obeng. Itu karena memang sedari dulu, obeng dan juga baut adalah 2 komponen yang saling berkaitan.


Tetapi dengan bentuk obeng yang cenderung banyak yang kecil, jelas itu bisa membuat obeng terkadang hilang atau terjatuh dan tidak bisa ditemukan lagi. Nah beruntung jika ada obeng lain atau tidak terburu-buru, tetapi bagaimana jika obeng hilang disaat genting yaitu saat mau membuka baut? Apakah bisa membuka baut tanpa menggunakan obeng sama sekali? Untuk mengetahui jawabannya, maka anda semua bisa simak artikel ini selengkapnya!


Cara Membuka Baut Kecil Tanpa Obeng

Memasang baut tanpa obeng mungkin bisa terjadi tanpa adanya obeng, karena ada alat lain seperti tang, penjepit, hingga tangan yang dapat diputar sesuai agar baut tersebut dapat terpasang dengan benar. Namun sayangnya membuka baut itu jauh lebih sulit ketimbang memasang baut, karena bisa saja baut ada slek atau karat yang bisa menyebabkan pembukaan baut sulit sekali, apalagi tanpa alat bantu seperti obeng.


Apakah bisa membuka baut tanpa obeng? Jawabannya bisa, tetapi perlu digaris bawahi bahwa baut tersebut adalah baut yang kecil, dimana itu sudah sesuai dengan judul yang sudah kami berikan. Jadi membuka baut besar tanpa obeng, jelas itu cukup mustahil untuk dilakukan, karena seperti yang kita tahu bahwa baut besar itu pastinya memiliki traksi yang kuat yang tidak mungkin hanya bisa mengandalkan tangan manusia saja. Lalu lantas bagaimana caranya membuka baut kecil tanpa menggunakan obeng?

Inilah Cara Membuka Baut Kecil Tanpa Obeng yang Bisa Kalian Contoh

Berikut cara membuka baut kecil tanpa menggunakan obeng, dimana itu berdasarkan dari alat yang dapat digunakan:


  • Menggunakan gunting, yang mana anda dapat memanfaatkan ujung lancip dari gunting lalu anda putar ke arah buka dengan menggunakan tekanan atau tenaga yang sesuai.

  • Menggunakan pisau juga bisa membuka baut kecil, dimana jelas itu mengandalkan ujung dari pisau tersebut yang kemudian anda putar ke arah buka yaitu ke kiri.

  • Logam atau koin ternyata bisa juga anda andalkan untuk memutar atau membuka baut kecil. Nah logam atau koin tersebut pastinya harus memiliki ketebalan atau ketipisan yang sesuai dengan baut kecil tersebut, hal itu karena memang cara ini menggunakan ujung samping dari logam atau koin tersebut.

  • Pinset juga bisa membuka baut kecil, dimana jelas itu akan berkaitan dengan ujung pinset tersebut.

  • Tang juga bisa anda gunakan untuk membuka baut kecil, tetapi sayangnya tang sulit mencengkram baut kecil jika baut tersebut tidak memiliki celah untuk tercapit dengan tang yang akan digunakan.

  • Alat atau benda lain sebagainya yang memang memiliki kelancipan berupa tebal dan tipis hingga panjang yang sesuai dengan baut yang ingin dibuka.


Itulah cara membuka baut kecil tanpa menggunakan obeng. Namun sebagai tambahan untuk anda atau bisa juga dibilang saran, sebaiknya anda tidak memaksakan membuka baut tanpa menggunakan obeng, hal itu karena lama kelamaan ulir kepala baut bisa saja slek yang bisa mengakibatkan baut tersebut sulit terlepas atau terpasang dengan benar. Jadi saran kami, pastikan anda gunakan obeng yang tepat, baik itu obeng pinjaman atau sewaan.


Sekian dari kami, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan anda semua terkait dengan baut dan cara membukanya. Nah bilamana anda tertarik dengan obeng yang terbaik serta berkualitas, maka produk perkakas Tenka yang ada di IndahJaya.com bisa menjadi rekomendasi terbaik kepada anda semua.