Inilah Beragam Tips Untuk Memilih Pompa Celup Kolam Renang yang Efektif



Kolam renang adalah salah satu konstruksi buatan manusia yang tentunya sangat digemari banyak orang, baik anak kecil hingga orang tua. Nah kolam renang sendiri bisa bebas anda terapkan model dan desainnya, begitu pula dengan tempat dan konstruksi dari kolam renang yang anda inginkan. Namun meski begitu, kolam renang juga tidak hanya sekedar tempat yang berisikan air, karena kolam juga membutuhkan pompa.


Hal itu karena pompa air memiliki banyak manfaat dan guna bagi kolam ikan atau renang, seperti bisa untuk membuat kolam menjadi sehat karena jernih dan bersih, atau bisa membuat kolam menjadi indah karena adanya air mancur buatan dari pompa air. Oleh karena itu pastikan anda yang mempunyai kolam atau calon pemilik kolam renang, harus mempersiapkan pompa air terbaik, dimana caranya adalah dengan menyimak artikel ini terlebih dahulu.

Berbagai Tips dalam Memilih Pompa Celup Terbaik Untuk Kolam Renang

Menghitung Ukuran, Jarak, dan Ruang Kolam Renang Anda

Pertama sama dengan pembuatan konstruksi apapun, pemilihan pompa celup yang benar adalah dengan memperkirakan dan mengukurnya terlebih dahulu. Hal itu karena jarak kolam renang dengan ruang pompa, nantinya akan berpengaruh terhadap flow rate atau kemampuan pompa dalam mengalirkan air dalam kurun waktu tertentu. Apabila ada jarak lebih dari 15 meter, maka anda bisa tambahkan setengah HP dari ukuran normal yang dibutuhkan.


Tetapi anda direkomendasikan untuk memilih yang sesuai kebutuhan, itu karena berpengaruh terhadap sistem sirkulasi, ditambah juga dapat menghemat biaya. Apabila terlalu kecil, maka hasilnya akan kurang maksimal serta dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk sirkulasi. Namun jika terlalu besar dari ukuran yang ditentukan, maka hal itu akan dapat berdampak pada rusaknya pipa instalasi dan juga filter yang terpakai. Jangan lupakan juga bahwa biaya tentu akan lebih banyak untuk pengadaan pompa, begitu juga dengan daya listrik yang diperlukan pasti akan lebih besar juga.

Mencocokan Flow Rate dengan Kapasitas Pompa Celup

Jangan asal beli pompa air untuk kolam renang, karena sebaiknya anda mengetahui flow rate atau kapasitas yang dibutuhkan untuk mengalirkan air pada periode waktu tertentu. Nah caranya adalah dengan melihat spesifikasi pompa, contohnya jika ada tertulis flow rate 20m3/jam, maka berarti dalam periode waktu 1 jam mesin pompa mampu mengalirkan (in-out) mengisi dan menyaring air sebanyak 20 kubik.


Kesimpulannya dari hasil perhitungan volume air kolam renang anda adalah 120m3, maka anda dapat mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengalirkan volume air di kolam renang anda jika menggunakan pompa dengan flow rate 20m3/jam. Untuk lebih mudahnya coba anda rumuskan sendiri dengan rumus ini (Rumusnya : Volume air kolam renang / flow rate = waktu yang dibutuhkan).

Mengetahui Kurva Pada Pompa Celup

Nah anda juga perlu mengetahui Curve of the Pump, kurva/diagram pompa yang pada umumnya didasari dua sumbu vertikal dan horizontal (x dan y), dengan menunjuk perbandingan antara head dengan flow rate. Head sendiri adalah daya dorong pompa, yang mana itu berbeda dengan pressure atau daya tekan yang serupa tapi tak sama. Sebagai contoh, coba anda analogikan antara satuan inchi dengan cm (1 = 2.54), dengan begitu juga dalam hal ini 1 m head yaitu 2.31 psi.


Nah dengan Head yang tinggi, maka flow rate akan semakin kecil, begitu juga dengan sebaliknya jika semakin besar flow rate maka Head juga akan semakin rendah. Kesimpulannya, semakin banyak hambatan sirkulasi air, maka semakin rendah kecepatan aliran air yang didapat, itu karena Head berbanding terbalik dengan flow rate.


Jadi itulah artikel kami pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi anda dan juga yang lainnya, dimana itu bisa anda lakukan dengan share melalui media yang ada dan tersedia. Apabila anda tertarik ingin memiliki pompa celup, maka pompa celup Tsurumi adalah rekomendasi terbaik kami dan anda bisa ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com