Inilah Cara Mengatur Jalur Kabel Genset ke Rumah dengan Lengkap dan Tepat


Inilah Cara Mengatur Jalur Kabel Genset ke Rumah dengan Lengkap dan Tepat

Pada setiap komponen teknologi atau alat elektronik, pastinya rata-rata membutuhkan kabel sebagai media yang penting, seperti untuk aliran listrik ataupun sebagainya. Contohnya seperti TV yang membutuhkan kabel untuk mendapatkan aliran listrik agar TV bisa beroperasi. Namun bagaimana dengan HP? Tentu HP membutuhkan baterai, dan saat membutuhkan baterai maka dibutuhkan kabel, tetapi lain cerita jika mengisi baterai dengan charger wireless.


Untuk Genset, Genset juga membutuhkan kabel dalam pengoperasiannya, dimana harus ada jalur kabel yang benar agar saat Genset dioperasikan tidak terjadi masalah. Nah tentunya masih banyak pengguna Genset yang salah dalam mengatur jalur kabelnya, dan apalagi mereka-mereka yang tidak mempunyai Genset dan berniat memiliki Genset. Melalui artikel ini, kami akan bantu anda menjelaskan bagaimana cara atur kabel Genset dengan benar, maka dari itu yuk simak!


Inilah Cara Mengatur Jalur Kabel Genset ke Rumah dengan Benar dan Tepat

Kalian harus matikan MCB dengan menghubungkan steker ke salah satu stop kontak, pastikan anda tidak menempatkan Genset pada jarak yang jauh, tujuannya agar kabel tidak menggantung tidak karuan. Tentunya dengan cara tersebut anda akan memperoleh kemudahan karena caranya cukup sederhana. Namun ada resikonya, yaitu anda bisa berpotensi tersengat arus listrik lebih besar karena harus memindah jalur secara manual.


Cara mengatur jalur kabel Genset ke rumah yang lain adalah dengan menggunakan saklar TPDT. Rinciannya anda bisa konek kabel MCB anda pada Cam Starter TPDT, lalu pada Cam Starter TPDT anda juga perlu konek dengan Genset anda masing-masing. Menggunakan saklar TPDT anda perlu mematikan MCB yang ada pada KWH meter, hanya dengan merubah posisi saklar maka jalur listrik juga akan berubah. Cara ini memiliki kelebihan yaitu anda akan aman tersengat listrik, karena jalurnya hanya ada pada 1 sumber.


Untuk cara alternatifnya, anda bisa mengubah jalur PLN dengan menggunakan Relay. Yaitu rincian kabelnya, MCB dan Genset anda kabelnya terhubung pada listrik rumah anda (Relay MK2P-1). Untuk cara kerjanya, anda harus mempunyai dua kontak NC yaitu terminal 1-4 dan 8-5, sehingga jika genset tidak menyala maka jalur PLN dengan instalasi listrik rumah akan terhubung dan jalur genset dengan instalasi rumah akan terputus. Kemudian pada saat genset dinyalakan, relay akan aktif dan kontak akan berpindah (terminal 1-3 dan 8-7 akan terhubung) sehingga jalur PLN dengan instalasi listrik rumah akan terputus dan jalur genset dengan instalasi listrik rumah akan terhubung.


Jadi itulah beberapa cara untuk atur jalur kabel Genset ke rumah dengan benar dan tepat. Selain cara, anda juga harus perhatikan pemilihan Genset yang benar, tepat, dan pastinya berkualitas. Genset berkualitas dan terbukti bagus adalah Genset Tenka, dan untuk mengetahui detail dan pilihan Genset Tenka maka anda bisa kunjungi IndahJaya.com, dimana disitu ada keterangan lebih lanjut tentang produk Tenka dan sebagainya.


Sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga dengan adanya artikel ini maka anda paham bagaimana cara mengatur kabel Genset ke rumah dengan benar dan juga tepat. Pastikan anda punya Genset seperti Genset Tenka, karena dengan mempunyai Genset berarti anda sudah mempersiapkan keadaan jika tiba-tiba terjadi pemadaman listrik. Dan jika sudah punya Genset, maka jangan lupa atur jalur kabelnya melalui pembahasan kami yang di atas.