Mengenal Cara Mengatasi Sambungan Selang yang Bocor


Mengenal Cara Mengatasi Sambungan Selang yang Bocor

Agar bisa bekerja dengan optimal, sambungan selang air harus dipastikan selalu dalam kondisi bagus. Pasalnya seiring terlalu sering digunakan, selang kerap mengalami masalah kebocoran khususnya pada bagian sambungan.


Selang merupakan salah satu peralatan yang kerap digunakan untuk membantu mempermudah sistem pengairan. Selang berguna untuk mengalirkan air dari satu tempat ke tempat lainnya dengan lebih mudah.


Untuk membuat kinerja selang lebih optimal, biasanya diperlukan sambungan atau konektor selang. Alat ini berguna untuk mengambungkan satu selang dengan selang lainnya sehingga fungsinya selang menjadi lebih efisien.


Perlu Anda perhatikan bahwa sambungan selang air kerap mengalami kebocoran khususnya jika Anda menggunakan sambungan yang berbahan plastik. Masalah seperti ini harus segera diatasi karena bisa membuat kinerja sistem pengairan menjadi terganggu.


Sambungan pada selang yang mengalami kebocoran bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari pecah hingga pemasangan kurang tepat. Untuk itu, perlu dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu terhadap sambungan tersebut untuk mengetahui penyebab kebocoran.


Tips Mengatasi Sambungan Selang Air yang Bermasalah

Sambungan untuk selang air yang bermasalah seperti mengalami kebocoran sudah pasti akan mengganggu kinerja sistem irigasi. Maka dari itu, diperlukan cara penanganan yang tepat agar kebocoran tidak semakin parah. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengatasi sambungan bocor :


1. Periksa sambungan

Langkah pertama jika menemukan adanya kebocoran pada selang adalah periksa sambungan terlebih dahulu. Pastikan apakah sambungan tersebut masih dalam kondisi bagus atau perlu dilakukan penggantian.


2. Lepas sambungan

Untuk memastikan apakah sambungan selang bermasalah atau tidak, sebaiknya lepaskan sambungan tersebut terlebih dahulu. Selanjutnya coba pasangkan kembali dan periksa apakah masih terjadi kebocoran atau tidak.


3. Ganti sambungan dengan yang baru

Jika kebocoran disebabkan karena kerusakan pada sambungan, maka ada harus mengganti sambungan tersebut untuk mengatasinya. Jika ingin lebih tahan lama, Anda bisa memilih menggunakan sambungan yang terbuat dari material besi.


4. Periksa kondisi selang di sekitar sambungan

Jika kebocoran tidak disebabkan oleh sambungan selang, maka Anda perlu mengecek kondisi selang yang ada di sekitar sambungan tersebut. Hal ini karena selang yang berada di sekitar sambungan lebih rawan pecah dan menyebabkan kebocoran pada sistem pengairan.


Tips Memilih Sambungan untuk Selang yang Tahan Lama


Kinerja sistem irigasi akan terganggu jika selang mengalami kebocoran. Maka dari itu, penting untuk memastikan memilih jenis sambungan yang berkualitas agar lebih awet dan tahan lama. Dengan begitu sistem pengairan Anda bisa bekerja dengan lebih optimal.


Salah satu cara memastikan sambungan selang tidak mengalami masalah adalah dengan memilih material yang berkualitas. Anda bisa menggunakan sambungan berbahan besi karena lebih awet jika dibandingkan dengan sambungan berbahan plastik.


Tidak hanya itu, Anda juga harus memastikan memilih jenis dan ukuran sambungan yang sesuai dengan ukuran selang. Jika salah ukuran, maka selang akan lebih mengalami kebocoran karena sambungan tidak bisa menutup lubang selang dengan tepat.


Satu lagi cara untuk memastikan sambungan pada selang bisa lebih awet dan tahan lama adalah dengan rutin melakukan pengecekan. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan bahwa tidak ada hal-hal yang bisa membuat selang dan sambungan lebih cepat rusak.


Meskipun terlihat sepele, kebocoran pada sambungan air tidak bisa dibiarkan begitu saja. Jika kerusakan semakin parah, kinerja sistem pengairan pastinya menjadi tidak optimal yang akan berpengaruh terhadap tanaman. Maka dari itu, selalu cek kondisi sambungan selang untuk memastikan selalu dalam keadaan bagus.