top of page

Mengenal Lebih Dekat Hoist Listrik: Manfaat dan Aplikasinya



Hoist yang biasa dikenal banyak orang dengan sebutan kerekan, adalah suatu alat yang sangat bermanfaat. Sebagaimana orang tahu, dia lebih dimanfaatkan pada sektor pembangunan sebuah gedung atau proyek-proyek besar. Namun tidak hanya di proyek-proyek besar saja, biasanya hoist atau kerekan juga mempunyai kegunaan dalam pabrik atau industri, atau bisa juga untuk rumahan. Dengan peranan penting hoist, maka hoist pun semakin berinovasi.


Inovasi hoist pun banyak menciptakan beberapa jenis hoist, yang mana salah satunya yang juga dampak dari perkembangan zaman adalah model dengan tenaga electric, atau bisa dibilang hoist listrik atau electric hoist. Banyak orang atau pekerjaan yang lebih mengandalkan hoist listrik dibanding hoist biasa, itu karena ada banyak sekali manfaat yang didapat dari hoist tersebut ketimbang hoist lainnya yang memang biasa saja


Mengenal Lebih Dekat Hoist Listrik yang Bermanfaat dengan Pengaplikasiannya


Sebelum lahir hoist listrik, pastinya hoist terlebih dahulu ada dengan model manual, yakni hoist dengan menggunakan rantai dalam mengangkat bebanya, dimana rantai tersebut terdapat load chain yang digunakan untuk mengangkat beban dan hand chain yaitu untuk menarik/mengerek agar beban terangkat. Hoist manual bisa menarik dari bawah ke atas, tapi dengan tambahan trolley maka hoist tersebut pun dapat digerakan ke kanan maupun ke kiri.


Berbeda dengan hoist manual, hoist electric atau hoist listrik memiliki pengoprasianya dengan menggunakan tenaga listrik. Adapun hoist ini tersedia untuk listrik 1 phase yang sangat cocok digunakan untuk hampir semua sektor pekerjaan ringan, seperti di pabrik kecil, industri kecil, perumahan ataupun lainnya yang tidak besar. Nah adapun untuk sektor pekerjaan yang cukup besar, maka hoist listrik yang digunakan adalah hoist listrik dengan 3 phase.


Hoist listrik pun juga memiliki beberapa pilihan untuk mengangkat beban, seperti dengan menggunakan rantai atau sling. Untuk menggunakan rantai, kelemahanya adalah suaranya yang berisik serta perawatan yang relatif lebih rumit dibandingkan sling. Jadi hoist yang menggunakan sling memang lebih lembut dan tidak berisik, selain itu sling juga lebih kuat sehingga tidak akan putus.


Inilah Manfaat dan Aplikasi Hoist Listrik

Karena tidak menggunakan tenaga manusia, maka hoist listrik pun pasti sangat bermanfaat dalam menghemat tenaga. Dari penghematan tenaga, maka itu pun juga berdampak pada pemanfaatan waktu yang lebih efisien lagi. Alhasil pengerjaan dengan menggunakan hoist listrik pun dapat terarah dengan benar serta tepat pada setiap pekerjaan yang dibutuhkan. Namun kekurangannya jelas adalah boros listrik, karena memang seperti namanya, hoist listrik bisa digunakan jika dialiri dengan tenaga listrik.


Untuk pengaplikasiannya, hoist listrik bisa digunakan dalam hampir banyak pekerjaan. Namun seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, itu tergantung dari kapasitas kekuatan hoist begitu juga dengan phase listrik hoist. Seperti untuk listrik 1 phase sangat cocok digunakan untuk hampir semua sektor pekerjaan ringan, seperti pabrik kecil, industri kecil, perumahan ataupun lainnya yang tidak besar. Untuk sektor pekerjaan besar, maka hoist listrik yang digunakan adalah hoist listrik dengan 3 phase.


Saran dari kami, sebelum memilih hoist maka pastikan dulu beban yang ingin diangkat, terutama kapasitas yang tertera pada hoist. Contohnya jika beban angkat adalah 1 ton, maka jangan memilih hoist dengan kapasitas 1 ton. Akan lebih baik jika Anda memilih hoist yang lebih besar dari beban, seperti 1,5 ton atau 2 ton. Mengapa demikian? Itu untuk menjaga agar motor pada hoist tidak cepat rusak. Selain itu, cobalah pilih lifting yang sesuai, alias jangan kependekan dan jangan kepanjangan karena semakin panjang akan semakin mahal.


Sekian artikel dari kami mengenai segalanya yang perlu Anda ketahui mengenai hoist listrik. Semoga jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada semuanya. Jika Anda tertarik dengan hoist atau crane, maka rekomendasi kami yang terbaik dan berkualitas adalah Elephant Hoist and Crane. Untuk mendapatkannya atau mengetahui lebih lanjut, maka silahkan kunjungi IndahJaya.com


bottom of page