top of page

Mengenal Jenis-Jenis Crane and Hoist untuk Memenuhi Kebutuhan Industri Anda


Dalam suatu industri, tentunya agar operasional serta proses pengolahan barang mentah menjadi bahan jadi, itu semua pastinya membutuhkan banyak proses, yang mana itu juga diperlukan beberapa peralatan khusus untuk industri tersebut. Nah salah satu peralatan pada industri yang memang sangat dibutuhkan, yaitu ada crane dan juga hoist, yakni hoist dan crane khusus memang diperuntukan bagi industri.


Tampa crane dan hoist di industri, maka pastinya suatu industri tidak akan bisa maksimal dalam menjalankan pekerjaannya, sehingga dari dampaknya itu bisa membuat kerugian, serta bisa memicu banyak kecelakaan kerja. Nah oleh karena itu, untuk mencegah hal yang tidak diinginkan serta untuk memaksimalkan kebutuhan industri, maka pastinya suatu industri akan dilengkapi dengan crane dan hoist, yaitu crane dan hoist seperti di artikel ini!


Jenis-Jenis Crane dan Hoist yang Perlu Anda Kenal Karena Bermanfaat Bagi Industri

Overhead Crane

Merupakan crane yang terdiri dari hoist & trolley, girder, end carriages, rail, runway beam, elektrikal, panel dan sistem kontrol. Pada satu girder utama ia disebut sebagai single girder overhead crane, lalu jika menggunakan dua buah girder maka disebut double girder overhead crane. Crane hoist ini merupakan jenis crane yang paling bisa digunakan di industri, itu karena crane memiliki desain yang bisa dimanfaatkan pada konstruksi bangunan, sehingga crane tersebut dapat berjalan sepanjang runway. Begitu juga pada rail yang berada di atas struktur atau kolom bangunan. Perlu diketahui, jenis crane hoist ini dapat dirancang untuk melayani hampir seluruh area di bawahnya yang mampu dijangkau oleh hoist yang bergerak sepanjang girder.


Gantry Crane

Adalah crane hoist yang berdiri diatas kaki gantry. Konstruksi girder pada gantry crane terhubung dengan kaki gantry yang dilengkapi dengan end carriages sehingga dapat berjalan di atas rel tanpa struktur tambahan seperti runway beam dan kolom. Seperti halnya overhead crane, crane hoist jenis ini dapat diproduksi dengan menggunakan double girder atau single girder. Kemudian karena tidak memerlukan struktur tambahan, maka gantry crane banyak digunakan untuk melayani pekerjaan di banyak industri, yakni pada beberapa bangunan yang konstruksinya tidak kuat untuk dipasang overhead crane.


Jib Crane

Jika suatu industri tidak memiliki area yang tidak luas dan beban yang tidak terlalu berat, maka crane hoist jenis ini bisa menjadi rekomendasi utama. Alasannya karena jib crane dapat dipasang pada lantai atau dengan memanfaatkan kolom bangunan. Kemudian dengan menggunakan jib crane, maka industri dapat mengangkut material dalam gerakan setengah lingkaran (180 derajat) atau satu lingkaran (360 derajat). Nah untuk beberapa aplikasi standar di beberapa industri, crane hoist jenis ini dapat menjadi solusi yang relatif lebih murah dibandingkan dengan tipe lainnya.


Monorail Host

Merupakan hoist khusus yang dapat bergerak dalam dua arah saja, yakni naik-turun dan bergerak sepanjang monorail beam. Monorail hoist tentunya akan sangat efektif digunakan bila dirancang sesuai dengan tata letak di suatu industri. Itu karena adanya bentuk lintasan monorail beam yang dapat disesuaikan dengan area, serta dapat berbelok radius dengan menggunakan trolley khusus yang dapat berputar mengikuti lintasan monorail. Hal tersebut tentunya akan semakin memungkinkan bila adanya lintasan yang tidak berujung atau suatu sistem monorail yang berkesinambungan.


Jadi itulah jenis-jenis crane dan hoist yang perlu Anda kenal, itu karena crane hoist tersebut bisa memenuhi kebutuhan suatu industri. Sekian artikel dari kami, semoga jadi manfaat serta bisa memberikan referensi dalam memilih crane hoist tepat untuk industri. Crane dan hoist yang memang terbaik dan berkualitas, tentunya dari kami adalah Elephant Hoist and Crane, yang mana itu bisa Anda dapatkan serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page