top of page

Mengenal Lebih Jauh Peratalan Bengkel Bubut yang Wajib Ada Agar Tidak Repot



Bubut merupakan suatu kalimat yang mengacu pada pekerjaan yang melibatkan sumbu rotasi untuk melakukan berbagai proses, seperti pemotongan, pengamplasan, knurling, pengeboran, deformasi, pembubutan muka, dan pemutaran. Yaitu dengan alat yang diterapkan pada benda kerja untuk membuat objek dengan simetri terhadap sumbunya. Biasanya pengerjaan bubut akan banyak ditemui di bengkelnya langsung, alias bengkel bubut.


Bubut nyatanya adalah suatu pengerjaan yang memang membutuhkan tempat, seperti tempat bengkel, hal itu karena memang dalam pengerjaannya sangat membutuhkan tempat yang agak luas. Namun tidak hanya tempatnya saja, bengkel bubut juga memerlukan beberapa peralatan penting agar proses bubut secara benar dan tepat bisa terlaksana dengan sempurna. Peralatan bengkel bubut yang diperlukan adalah peralatan seperti yang akan kami jelaskan di bawah ini!


Inilah Berbagai Peralatan Bubut yang Wajib Ada di Bengkel Bubut

Mesin Bubut

Tentunya yang harus ada pertama adalah mesin bubut, mesin perkakas yang memutar benda kerja pada sumbu rotasi untuk melakukan berbagai proses seperti pemotongan, pengamplasan, knurling, pengeboran, deformasi, pembubutan muka, dan pemutaran. Itu dengan alat yang diterapkan pada benda kerja untuk membuat objek dengan simetri terhadap sumbunya.


Alat Pahat

Merupakan cutting tools yang sangat penting ada di bengkel bubut, karena ia sangat berguna sebagai alat bantu penyayatan benda kerja di setiap bengkel bubut yang ada.


Senter Putar dan Tetap

Bukan senter biasa, melainkan senter putar dan tetap. Senter ini adalah senter yang mempunyai peran penting agar benda yang berukuran panjang bisa stabil. Kemudian senter mati atau tetap bisa dipasang pada sumbu utama mesin alias main spindle, lalu senter pun juga akan bisa diputar dan dipasang pada ujung kepala lepas.


Chuck Bor

Bengkel bubut ada kemungkinan akan menggunakan bor, lalu bor yang digunakan tentunya membutuhkan chuck bor. Nah chuck bor sendiri adalah alat yang berguna untuk mencekam mata bor dengan batas maksimal diameter 13 mili meter. Dengan demikian, maka tidak heran bengkel bubut yang mempunyai bor juga harus memiliki alat ini.


Bor Senter

Sesuai dengan namanya, bor ini adalah alat kerja bengkel bubut yang dapat dikerjakan untuk dapat dipasang pada suatu senter yang membutuhkan pengerjaan boring. Tujuan dari adanya alat ini juga, yaitu untuk mengebor ujung benda kerja yang akan dipasang senter putar atau bisa juga untuk melubangi diameter yang lebih besar.


Kunci Chuck

Kunci chuck atau cekam, adalah kunci yang penting dan harus ada di bengkel bubut. Alasannya, karena kunci ini dapat mengencangkan atau mengendorkan rahang cekam yang ada pada mesin bubut. Sehingga dengan begitu, jelas tanpa adanya kunci ini maka pengerjaan mesin bubut tidak akan berjalan dengan sempurna.


Kunci L

Layaknya kunci L pada bengkel lainnya, kunci L juga harus ada di bengkel bubut. Alasannya karena kunci L bisa digunakan untuk mengencangkan dan mengendorkan tool post tertentu yang ada di dalam pengerjaan bengkel bubut.


Mistar Gulung

Seperti alat ukur, mistar gulung adalah alat yang terbuat dari bahan plat baja yang lebih tipis dari plat baja. Alat ini tentunya bisa digunakan untuk mengukur benda kerja yang ada di bengkel bubut, alias bisa mengukur yang panjangnya melebihi 100 cm.


Kuas

Kuas nyatanya juga penting ada di bengkel bubut. Itu karena seperti yang Anda tahu, bahwa kuas memang berguna untuk membersihkan kotoran, yang mana mengingat bahwa pengerjaan di bengkel bubut cenderung mudah kotor, baik itu pada mesin atau sebagainya.


Itulah beberapa peralatan bengkel bubut yang perlu ada di bengkel bubut. Kiranya jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada semuanya. Nah bilamana Anda ingin mencari alat bubut atau alat lain, maka perkakas rekomendasi terbaik dan berkualitas dari kami adalah Tenka. Mengenai perkakas Tenka, Anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


bottom of page