Mengenal Spesifikasi Pada Pompa Submersible


Mengenal Spesifikasi Pada Pompa Submersible

Pompa air Submersible memiliki cara kerja yang bergerak dengan pengubahan energi kinestetik menjadi energi potensial. Adapun pompa ini merupakan jenis pompa sentrifugal, yang memanfaatkan energi potensial sebagai pendorong air (cairan) dari sumber air menuju ke permukaan. Untuk lebih mengenal spesifikasi pada pompa submersible, berikut penjelasan lengkapnya!


Tentu spesifikasi pompa submersible berbeda dengan pompa jet pump. Pada pompa jet pump memiliki cara kerja dengan cara menyedot air kemudian mendorongnya. Sedangkan untuk submersible bekerja dengan menggunakan impeller untuk mendorong air ke permukaan. Pada dasarnya ketinggian air untuk bisa dipompa sangat menjadi perhatian pada pompa submersible.


Mengapa Menggunakan Pompa Submersible?


Pengaplikasian pompa submersible banyak Anda temukan di tempat yang dimanfaatkan sebagai drainase, pompa limbah, industri, hingga untuk memompa lumpur. Beberapa orang juga menggunakannya sebagai pengairan kolam ikan, serta lahan untuk bercocok tanam. Beberapa keperluan khusus memanfaatkan pompa submersible sebagai abstraksi cairan lainnya, seperti sumur minyak dan sumur air.


Sebelum mengenal spesifikasi pada pompa submersible, Anda perlu memahami beberapa keunggulan yang dimiliki oleh pompa submersible, sebagai berikut.


1. Lebih Tahan Lama

Pompa ini dapat digunakan dalam waktu 24 jam. Bahkan mesinnya mudah rusak, jika tidak sering digunakan atau hanya dihidupkan kurang dari 1 menit. Ini dikarenakan, penempatan pompa submersible berada di dalam air, sehingga suhu yang ada di sana mendinginkan mesin saat dinyalakan. Selain itu terdapat seal atau karet penyekat, untuk menstabilkan suhu tetap dalam keadaan normal.


2. Tidak Membuah Suara

Salah satu kelebihan yang banyak disukai orang-orang adalah suara yang ditimbulkan hampir tidak ada. Tentu ini disebabkan karena posisi pompa yang dibenamkan di dalam air, sehingga tidak mengeluarkan suara.


3. Hemat Biaya

Untuk operasional dan perawatan mesin pompa submersible tergolong murah. Ini didasarkan pada desain yang dibuat, sehingga tidak membutuhkan perawatan. Adapun pompa submersible tidak rentan kavitasi, karena penempatan pompa di dalam air.


4. Cara Kerja yang Efisien

Jika melihat desain pompa, tentu banyak orang yang beranggapan jika penggunaannya cukup efisien. Ini disebabkan karena tekanan air yang dilakukan pada ujung penghisap, sehingga membantu saat pengoperasiannya dan tidak membutuhkan banyak energi. Terdapat motor DC-brushless yang digunakan untuk menambah efisiensi cara kerja pompa ini.


Mengenal Spesifikasi pada Pompa Submersible

Pada pompa submersible Anda tidak akan menemukan spesifikasi pada daya hisapnya. Ini seperti pompa air yang berada di permukaan yang hanya memiliki spesifikasi batas total head (meter) serta power, yang pengukurannya menggunakan satuan [pk]. Untuk kapasitas debit air memiliki satuan ukur per liter (I/sec). Berikut spesifikasi lain dari pompa submersible:

  1. Tipe Sentrifugal, ini dimaksudkan pada cara kerja pompa submersible, yang menggunakan metode pengubahan energi kinestetik menjadi energi potensial/dinamis.

  2. Pompa submersible dilengkapi impeller, yang berputar di dalam casing, untuk tetap menekan air dari sumber menuju permukaan.

  3. Memiliki pelindung stainless steel, ini digunakan untuk ketahanan pompa submersible dan perlu tertutup casing agar air tidak masuk ke dalam mesin. Penggunaan pompa submersible sangat cocok untuk beberapa keperluan seperti irigasi pertanian, sumur bor, drainase, dan kolam ikan.

  4. Spesifikasi gulungan terbuat dari tembaga. Ukuran pompa mulai dari 3 inci dan memiliki dua jenis pompa. Adapun panjang kabel yang disediakan berkisar dari ukuran 40 sampai 50 meter.

Berikut menjadi penjelasan panjang untuk mengenal spesifikasi pada pompa submersible. Dimana melalui pemahaman beberapa kelebihan dan spesifikasinya, Anda bisa memutuskan produk yang sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda berkeinginan membeli pompa submersible untuk kebutuhan tertentu, berkunjunglah ke website Indah Jaya Group untuk menemukan beberapa produk unggulnya.