top of page

Menggunakan Selang Gas yang Aman dan Tahan Lama



Yang berfungsi untuk menyalurkan gas dari tabung ke tungku adalah selang gas. Selang gas tentunya adalah alat yang bisa menjadi sahabat sekaligus musuh di dapur, itu karena alat tersebut memang penting dalam memasak, tetapi bisa menjadi bumerang bagi Anda jika selang tersebut rusak atau bermasalah. Jadi dengan demikian, maka selang gas ada baiknya digunakan dengan tepat, yang mana itu jauh lebih baik pada selang gas yang kuat.


Selang gas yang kuat adalah selang gas yang memang aman dan tahan lama, seperti aman dari banyaknya masalah, serta tahan lama yang dinilai sebagai selang yang tahan terhadap kerusakan serta beberapa faktor lainnya. Meski selang gas yang digunakan adalah selang gas yang aman dan tahan lama, tetapi ada baiknya penggunaan selang gas juga harus aman. Itu agar selang gas dapat prima serta tahan lama dalam waktu panjang kedepannya.


Inilah Cara Memasang Selang Gas agar Bisa Aman dan Tahan Lama


Untuk menggunakan selang gas yang aman dan tahan lama, maka Anda perlu mempertimbangkan pemilihan, pemasangan, serta penggunaan selang gas yang tepat dan benar. Adapun cara memasang selang gas yang benar untuk bisa aman dan tahan lama antara lain:


  1. Masukkan selang ujung gas ke pipa gas yang terletak di belakang kompor.

  2. Kemudian Anda bisa pasang clamp ke ujung selang yang telah terpasang ke pipa kompor kemudian kencangkan menggunakan obeng yang sesuai.

  3. Lalu lanjutkan dengan memasang ujung selang lainnya ke regulator yang sudah ada dan tersedia.

  4. Anda semua bisa kencangkan clamp dengan menggunakan obeng yang memang sesuai.

  5. Selang yang telah terpasang dengan benar pastinya siap dihubungkan dengan tabung gas LPG untuk digunakan memasak atau keperluan lainnya yang memang dibutuhkan.


Inilah Cara Merawat Selang Gas agar Bisa Aman dan Tahan Lama


Agar selang gas bisa tetap aman dan tahan lama serta prima ketika hendak digunakan, maka selang gas pun juga wajib hukumnya untuk dirawat dengan benar. Cara merawatnya dengan benar dan tepat agar selang gas bisa aman dan tahan lama, yakni dengan cara:


Mengecek Selalu Kondisi Selang Gas

Cara dalam merawat selang kompor gas agar tidak rusak seperti bocor adalah dengan mengecek kondisi selang regulator secara berkala. Sebelum memasang gas LPG, ada baiknya Anda lihat kondisi tabung dan selang terlebih dahulu. Untuk tabung, pastikan kondisinya masih bagus dan belum kadaluarsa. Tentunya Anda juga harus turut melihat kondisi dari selang apakah terlihat rusak atau apakah ada keretakan atau tidak.


Selalu Menggunakan Regulator yang SNI

Tentunya ada banyak regulator selang gas yang bisa Anda temukan, tapi tidak semua adalah yang terbaik serta aman dan tahan lama. Ada baiknya agar selang gas aman serta tahan lama, maka Anda harus menggunakan regulator yang tepat juga, seperti regulator yang memang sudah sesuai dengan standar SNI atau tertera logo SNI. Alasannya karena standar SNI adalah standar yang aman yang bisa membuat selang gas aman serta tahan lama ketika digunakan.


Menggunakan Selang Gas dengan Tepat dan Benar

Apa yang membuat selang gas berpotensi rusak hingga berdampak pada ketidakamanan serta tidak tahan lama, adalah dari penggunaan selang gas yang salah. Jadi Anda harus memperhatikan penggunaan selang gas yang tepat dan benar, karena dengan begitu maka selang gas pun pastinya akan menjadi selang gas yang aman ketika digunakan, serta juga selang yang tahan lama.


Itulah artikel dari kami mengenai menggunakan selang gas yang aman dan tahan lama. Sekian dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada semuanya. Jika Anda ingin memiliki selang, maka yang terbaik dan berkualitas dari rekomendasi kami adalah selang Toyox. Mengenai selang Toyox, Anda bisa mendapatkannya serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page