top of page

Cara Mengukur Panjang dan Diameter Selang Industri dengan Tepat



Pada umumnya, mesin pabrik yang ada di industri adalah mesin yang terdiri dari berbagai komponen, salah satunya adalah hose atau dikenal dengan nama selang. Tentu hampir sama seperti selang pada umumnya, selang industri memiliki fungsi sebagai penghantar media berupa fluida atau angin untuk selanjutnya diubah menjadi tenaga dalam menggerakkan rangkaian mesin sehingga dapat bekerja optimal.


Nah sebenarnya ada banyak fungsi atau kegunaan dari selang industri yang ada di suatu tempat pekerjaan. Namun selang yang dipergunakan agar bisa efektif serta efisien dalam pengerjaan di industri pun harus benar-benar disesuaikan. Apa yang dimaksud adalah jenis, hingga ukuran panjang serta diameternya yang tepat, alias tidak boleh terlalu panjang apalagi pendek. Oleh karena itu, maka penting sekali mengukur selang industri dengan tepat adanya.


Inilah Cara Mengukur Panjang dan Diameter Selang Industri dengan Tepat serta Akurat


Pengukuran merupakan hal yang penting dalam menerapkan sesuatu, seperti mengukur bagaimana kapasitas yang diperlukan, hingga suatu fisik dari benda atau alat yang akan dipergunakan. Ini menjadi dasar penting, karena jika diabaikan maka penggunaan alat atau benda yang tidak berukuran sesuai malah akan membuat banyak masalah. Jadi dengan begitu, maka pengukuran panjang serta diameter selang industri pun tepat adanya, terutama bagi yang ingin menggunakannya di sektor pekerjaannya.


Cara Mengukur Panjang dari Suatu Selang Industri yang Perlu Anda Semua Ketahui

Panjang adalah informasi terkait dengan ukuran terpanjang pada suatu benda, yakni dari ujung awal ke ujung paling terakhir atau belakang. Panjang pun dapat diukur dalam satuan, yaitu jumlah kecil dari ukuran yang sama, yang mana itu bisa ditambahkan pada panjang suatu benda secara total. Kemudian dalam mengukur panjang seperti pada selang, memang dibutuhkan teknik serta alat ukur panjang yang tepat.


Untuk mengukur panjang selang, maka Anda bisa memilih alat ukur dengan satuan pengukuran yang tepat dan sesuai keperluan. Beberapa alat ukur memiliki satuan metrik dan imperial sekaligus, sedangkan yang lain hanya menyediakan satu sistem pengukuran. Anda sudah seharusnya memperhatikan panjang selang atau permukaannya yang akan diukur, dengan memulainya menggunakan alat ukur yang sama atau lebih panjang daripada selang tersebut. Namun bisa juga tidak, tapi dengan teknik tahap demi tahap yang harus diingat oleh Anda.


Adapun cara mengukurnya adalah sebagai berikut:


  1. Persiapkan alat ukur, seperti penggaris, meteran, atau lainnya yang kalau bisa lebih panjang dari selang industri.

  2. Kemudian sejajarkan dari ujung selang ke ujung lainnya.

  3. Setelah itu perhatikan angka atau ukuran panjang yang berhenti pada ujung selang industri tersebut.

  4. Jika menggunakan alat ukur yang tidak panjang melebihi selang, maka Anda bisa gunakan teknik tahap. Tepatnya setelah tidak sampai pada 1 meter, maka lanjutkan kembali panjang 1 meter tersebut dengan diukur kembali. Jika perhitungan ada mencapai 3 kali dengan panjang pengukur 1 meter, maka bisa disimpulkan panjang selang adalah 3 meter.

Cara Mengukur Diameter dari Selang Industri yang Perlu Anda Semua Ketahui

Dalam pemahaman yang sederhana, diameter pada selang adalah ukuran lubang dari selang industri tersebut. Tentu diameter selang industri akan banyak berpengaruh pada pekerjaan di suatu industri. Hal tersebut jika diameter tidak mencukupi agar tersambung dengan sambungan yang memiliki diameter tertentu, maka penggunaan selang industri tersebut pun tidak bisa dilakukan. Baik itu dengan diameter yang lebih kecil atau diameter yang lebih besar.


Jadi penting sekali untuk mengukur diameter selang industri yang ingin Anda andalkan. Hal ini dapat berpengaruh bagi pengerjaan selang yang pastinya bisa lebih efektif serta sesuai dengan pengerjaan yang diharapkan. Untuk mengukur diameter selang industri, maka pengukuran tersebut membutuhkan pengukuran yang membutuhkan alat ukur. Contohnya seperti jangka panjang, jangka sorong, atau alat ukur diameter lain yang memang fungsinya yang sama.


Adapun caranya dalam mengukur diameter selang industri, adalah sebagai berikut:


  1. Persiapkan alat ukur, seperti jangka sorong yang memang terbaik dalam mengukur diameter.

  2. Nah teknik pengukuran diameter selang industri, dilakukan dengan membuka rahang jangka tersebut di dalam selang industri. Mengapa tidak bagian luar? Karena perhitungan tersebut akan termasuk dalam perhitungan yang kulit selang juga ikut terhitung.

  3. Jadi buka rahang pengukur tersebut pada ujung selang di lubang selang yang dimaksud.

  4. Kemudian lihat berapa ukuran diameter selang industri tersebut, lalu catat atau ingat ukuran tersebut.


Itulah cara mengukur panjang serta diameter pada selang industri. Sekian dan semoga jadi manfaat serta penambah wawasan bagi Anda semua. Selang terbaik dan selang berkualitas, adalah selang dari Toyox. Mengenai selang Toyox, Anda bisa mendapatkannya atau mengetahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Comments


bottom of page