Yuk Simak Beragam Cara Merawat Electric Wire Rope Agar Awet



Apa itu electric wire rope? Nah electric wire rope adalah wire rope atau kawat seling yang dijadikan sebagai media pengangkatnya. Nah wire rope tersebut akan digulungkan pada drum penggulung saat akan mengangkat beban dan diulurkan dari drum penggulung ketika digunakan untuk menurunkan beban. Walau electric wire rope memiliki keunggulan, tetapi wire rope perlu juga dirawat dengan benar.


Dengan perawatan yang benar maka jelas layaknya alat-alat lain, wire rope juga akan awet. Namun sebaliknya jika tidak, maka wire rope tidak akan awet dan dapat berdampak pada kerugian banyak pihak. Nah maka dari itu, penting sekali anda tahu cara merawat electric wire rope dengan benar, agar wire rope milik anda bisa menjadi awet. Cara yang benar merawat wire rope bisa anda ketahui di artikel ini!


Inilah Berbagai Cara Merawat Electric Wire Rope Agar Wire Rope Bisa Awet

Wire Rope itu termasuk komponen penting di dunia industri peralatan berat, itu karena ia memiliki kegunaan sebagai alat untuk rigging, atau tepatnya adalah alat yang dipakai untuk memindahkan peralatan berat dari satu lokasi ke lokasi lain. Meski wire rope mempunyai bentuk seperti tali baja, tetapi wire rope juga harus melakukan perawatan agar kinerja hingga usianya bisa tahan lama.


Survey membuktikan, sudah banyak orang yang menyepelekan perawatan wire rope, padahal kenyataannya perawatan wire rope secara rutin mempunyai banyak sekali manfaatnya, seperti mencegah wire rope dari kerusakan, malfungsi, hingga dapat membuat wire rope menjadi awet. Nah oleh karena itu, bagi anda pemilik wire rope seperti electric wire rope, maka penting sekali anda jaga dan rawat wire rope milik anda, yang mana cara benarnya bisa anda ikuti di bawah ini.


Berikut adalah beberapa cara benar dan efektif merawat electric wire rope:


  • Hal yang pertama yang harus anda perhatikan, adalah sebaiknya simpan tali kawat baja dari wire rope pada tempat yang tidak terpapar sinar matahari, hujan, dan sebagainya yang merusak komponen. Nah saran kami, anda sebaiknya letakkan di tempat kering saja dengan suhu yang tidak ekstrim.

  • Ketika anda mau menggulung wire rope, maka anda harus sebisa mungkin menggulungnya dengan benar. Tetapi disarankan sebaiknya menggunakan mesin coiling.

  • Anda perlu hindari menyimpan wire rope di tempat yang rentan korosif, seperti di area pinggir pantai, dekat kali, atau sebagainya yang rentan terkena cipratan air. Hal itu karena wire rope yang sering terkena cipratan tersebut, maka kemungkinan besar akan korosi atau karat dengan cepat. Sehingga penggunaan wire rope yang berkarat dapat mengganggu aktivitas pekerjaan dari wire rope tersebut.

  • Saran dari kami berikutnya, anda perlu melakukan perawatan wire rope dengan selalu mencegah alat ini agar tidak bersentuhan atau kontak dengan tanah. Atau lebih baiknya lagi, alangkah baiknya tataki menggunakan bahan lain seperti rekomendasi dari banyak sumber dengan menggunakan pallet.

  • Sebisa mungkin juga jauhkan penggunaan alat ini di tempat yang berdebu dan kotor. Karena seperti yang kita tahu, debu dan kotoran yang menempel pada apapun akan merusak komponen alat termasuk wire rope.

  • Lalu cobalah selalu memastikan wire rope anda jauh dari lalu lalang kendaraan, itu supaya wire rope tidak terlindas, tertabrak, hingga kotor karena asap kendaraan.

  • Jika anda berniat ingin menyimpannya dalam jangka waktu yang lama, maka saran dari kami anda sebaiknya lakukan perawatan wire rope dengan dikeringkan terlebih dahulu, lalu bersihkan dengan baik. Kemudian selain itu, tutup menggunakan pelindung dan beri lubrikasi.

  • Lalu untuk penggunaan di luar ruangan, maka bagi kami yang tepat adalah tali kawat baja pada wire rope anda sebaiknya ditutup menggunakan bahan lain, baik itu plastik atau terpal guna melindungi bagian-bagian dari wire rope.


Jadi itulah berbagai cara yang bisa anda terapkan pada wire rope anda, dimana cara diatas adalah cara perawatan yang pastinya bisa bikin wire rope seperti electric wire rope anda menjadi lebih awet. Sekian dari kami, semoga bermanfaat bagi anda dan juga kepada yang lainnya. Nah jika anda tertarik ingin memiliki hoist and crane terbaik dan awet, maka rekomendasi kami ada pada Elephant hoist and crane yang ada di IndahJaya.com