Inilah Cara Merawat Genset Untuk Rumah Sakit yang Efektif



Pemadaman listrik mendadak tanpa adanya pemberitahuan tentu saja akan menimbulkan ketidaknyamanan. Terlebih bagi Anda yang bekerja di Rumah Sakit maupun sebagai pasiennya. Listrik tidak hanya dibutuhkan dalam keperluan hidup rumah tangga, tetapi juga dibutuhkan dalam berbagai sektor seperti perkantoran, pabrik, rumah sakit, mall, hingga sarana umum lainnya. Oleh karena itu, ketika terjadi pemadaman mendadak, Anda akan membutuhkan sarana pengganti listrik seperti genset.


Cara Merawat Genset Untuk Rumah Sakit

Generator set atau yang dapat disingkat menjadi genset merupakan sebuah set pembangkit listrik, yaitu sebuah alat yang memproduksi energi listrik dari sumber energi mekanik yang biasanya menggunakan induksi elektromagnetik. Genset merupakan perpaduan dua jenis perangkat berbeda yaitu mesin dan generator. Mesin berfungsi untuk memutar generator supaya menghasilkan induksi elektromagnetik, kemudian menghasilkan listrik.Genset merupakan alat yang dapat mengubah energi mekanik dari sebuah mesin diesel dan alternator menjadi energi listrik. Genset merupakan alat cadangan penghasil listrik ketika pemadaman PLN terjadi. Dilihat dari sejarahnya, genset ditemukan oleh Michael Faraday dan Rudolph Diesel. Mereka mencetuskan ide pembuatan genset pada tahun 1821 saat Faraday menemukan induksi elektromagnetik.


Genset bekerja dengan cara mengubah energi dari bahan bakar menjadi energi gerak, yang oleh mesin, alternator, dan dengan proses induksi elektromagnetik diubah menjadi energi listrik. Komponen utama yang ada dalam genset adalah mesin, alternator, tangki bahan bakar, voltage regulator, cooling and exhaust system, lubrication system, battery charger, control panel, dan main assembly.


Banyak pihak yang menjual genset murah dan dapat ditemukan secara online maupun offline. Genset yang murah tidak hanya murah saat dibeli, tetapi juga hemat dan tidak boros saat pemakaian. Genset yang murah berarti juga genset tersebut efektif dan efisien kerjanya, sehingga dapat menghasilkan daya listrik sesuai kebutuhan dan juga awet. Kami memiliki brand genset yang berkualitas asal Jepang bernama Tenka. Seluruh produk

Genset Tenka terutama TH Series sudah menggunakan mesin dari Honda yang dimana sudah melewati uji verifikasi sesuai standar yang ditetapkan oleh Honda Motor. Demi menjamin kualitas, produk kami menggunakan komponen-komponen terbaik di kelasnya. Hal ini juga demi memastikan Genset Tenka awet dan tahan lama. Anda bisa melihat informasi lebih detailnya melalui tautan ini.

Lalu bagaimana cara merawat genset yang digunakan pada Rumah Sakit? Berikut ini kamu rangkum informasinya untuk anda.

1. Tempatkan genset di lokasi yang aman dan kering

Agar genset bisa tetap bekerja dengan optimal tanpa gangguan. Tempatkan genset di lokasi yang kering. Jika mesin genset diletakan di sembarangan tempat maka air, terik matahari, dan lainnya dapat membuat genset cepat rusak, bahkan bisa mendatangkan sengatan listrik.

2. Jaga kebersihan genset

Bersihkan debu, kotoran, minyak, air yang menempel pada genset terutama di bagian radiator Genset ini secara teratur. Sehingga genset tak mudah rusak.

3. Operasikan genset dengan benar

Bacalah buku petunjuk mengenai cara penggunaannya. Sehingga Anda dapat memastikan bahwa Anda telah menggunakan genset dengan benar.

4. Cepat matikan genset ketika ada hal yang janggal

Saat terjadi sesuatu yang janggal misalkan suara yang terlalu keras, getar yang sangat kuat, sebaiknya langsung matikan genset. Cek ulang kondisi genset bila terjadi hal yang tidak seperti biasanya. Tanyakan pada teknisi yang lebih paham mengenai genset.

Itulah beberapa informasi terkait cara merawat genset untuk rumah sakit yang efektif. Anda bisa menerapkannya jika anda bekerja sebagai teknisi di sebuah rumah sakit agar genset tidak lekas rusak. Informasi menarik lainnya seputar genset bisa anda kunjungi di laman ini.