Mengenal Cara Merawat Semi Gantry Crane yang Dilakukan Secara Khusus



Jika gantry crane adalah crane dengan konstruksi pada kedua sisinya yang menggunakan kaki, maka itu cukup berbeda dengan gantry crane jenis lain berupa semi gantry crane. Nah semi gantry crane adalah crane dengan konstruksi satu sisi menggunakan kaki untuk menopang girder, sementara di sisi lain girder ditopang end carriage yang diletakkan pada console atau tiang column.


Semi gantry crane sebenarnya sama dengan gantry crane, terutama juga dengan cara perawatannya. Semi gantry crane tentunya perlu dirawat dengan benar atau secara khusus, karena jika tidak begitu maka semi gantry crane nantinya akan bermasalah dan pastinya menyebabkan kerugian bagi banyak pihak. Oleh karena itu penting sekali merawat semi gantry crane, dimana cara yang benar bisa anda ketahui di bawah ini!


Mengenal Cara Merawat Semi Gantry Crane dengan Benar dan Dilakukan Secara Khusus


Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, semi gantry crane adalah gantry crane, tetapi perbedaannya pada semi gantry crane hanya menggunakan 1 kaki saja. Atau bisa dibilang dengan mudah, semi gantry crane itu layaknya setengahnya dari gantry crane. Nah dengan begitu, maka jelas perawatan pada semi gantry crane kurang lebih sama dengan gantry crane.


Perawatan pada semi gantry crane juga harus dilakukan dengan benar dan terstruktur, hal itu agar semi gantry crane tidak mengalami masalah seperti malfungsi, kerusakan komponen, hingga lain sebagainya yang merugikan atau berdampak buruk. Nah maka dari itu, untuk menjadikan semi gantry crane sebagai crane yang bisa berfungsi normal tanpa adanya kendala, hingga bisa awet serta tahan lama, maka berikut adalah cara merawatnya yang benar dan khusus:

  • Selalu melakukan pelumasan pada rel di hoist, terutama ketika rel sudah terlihat kering. Nah hal itu agar hoist pada semi gantry crane dapat berjalan ke kiri dan kanan dengan mudah tanpa macet. Namun perhatikan juga, sebelum melumasi nya, anda harus terlebih dahulu membersihkan komponen-komponen lain yang kotor, seperti jika ada debu atau kotoran pada jalur rel maka anda harus bersihkan dulu itu.

  • Memeriksa lebih lanjut hoist yang ada pada semi gantry crane, seperti kerusakan, kelonggaran komponen hoist, trolley, girder, runway, ataupun sistem elektrikal yang pada hoist di semi gantry crane.

  • Tidak hanya memeriksa, anda juga harus memastikan bahwa wire rope dalam keadaan baik dan tidak kusut, lalu tidak ada kontak langsung pada panel, tidak ada kabel terlepas, hingga push button pendant controls dalam kondisi baik fisiknya.

  • Memeriksa komponen pada crane juga jangan anda lupakan, karena komponen pada semi gantry crane juga akan mempengaruhi proses lifting pada semi gantry crane. Nah contoh pemeriksaannya, anda bisa periksa kunci, bagian-bagian pengaman crane, batas bagian pengangkatan dan pengoperasian, pelumas serta minyak gigi, kerekan listrik, sekrup pengait kawat, dan lain sebagainya secara khusus dan rutin.

  • Lakukan pemeriksaan secara berkala, jika ditemukan ada sparepart yang harus diganti maka segeralah ganti dengan yang asli.

Nah jadi itulah cara merawat semi gantry crane yang bisa anda lakukan secara khusus, dimana bisa bertujuan membuat gantry crane semakin lebih awet atau tahan lama. Sekian dari kami, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda dan juga kepada yang lainnya. Jika ada diantara anda yang tertarik dengan crane dan hoist, maka rekomendasi kami yang terbaik dan berkualitas ada pada Elephant hoist and crane yang ada di IndahJaya.com