Apakah Obeng Termasuk Roda Berporos? Simak Penjelasan Lengkapnya Disini



Obeng adalah alat yang dapat digunakan untuk membuka, melepas, mengencangkan, hingga mengendorkan baut, mur, dan juga sekrup yang sesuai dengan mata obengnya. Nah hal itu bisa terjadi karena memang obeng memiliki 3 komponen penting, yaitu yang pertama adalah batang dari obeng tersebut, lalu yang kedua ada gagang dari obeng tersebut, hingga yang ketiga adalah tumpuan obeng tersebut yaitu mata obeng tersebut.


Nah obeng sendiri memiliki cara kerja atau penggunaannya dengan cara memutar obeng kekiri dan kekanan sesuai dengan membuka atau melepas. Menariknya dengan cara kerja tersebut, banyak timbul pertanyaan unik terkait apakah obeng itu termasuk dengan roda berporos atau tidak. Bagi anda yang memang penasaran dengan jawabannya, maka anda bisa simak artikel kami ini pada kesempatan kali ini secara selengkapnya!


Inilah Penjelasan Mengenai Obeng yang Termasuk Roda Berporos atau Tidak?


Apa Itu Roda Berporos?

Sebelum mengetahui jawabannya, maka terlebih dahulu anda perlu tahu apa itu roda berporos. Roda berporos adalah suatu pesawat sederhana yang memakai roda, sehingga dengan begitu ia dapat mempunyai poros tempat berputarnya roda tersebut. Nah pemanfaatan roda berporos juga dapat digunakan untuk memindahkan benda dengan mudah tanpa mengeluarkan banyak gaya, sehingga hal tersebut bisa memudahkan waktu serta tenaga yang dikeluarkan.


Selain itu, roda berporos sendiri terdiri atas dua bagian, yakni ada roda dan juga poros. Untuk roda ia adalah objek berbentuk lingkaran dan biasanya berjeruji, sedangkan poros adalah bagian yang melekat tetap di tengah roda dan biasanya berpenampang bulat. Lalu poros sendiri memang berperan untuk memperkecil gaya gesek, sehingga dengan begitu maka akan meringankan gerakan roda, yang mana jadinya roda yang berputar maka poros juga akan ikut berputar dengan putaran roda lebih besar daripada putaran poros.


Apakah Obeng Termasuk dengan Roda Berporos?

Roda berporos merupakan roda yang bisa dihubungkan dengan sebuah poros yang dapat berputar bersama-sama. Jadi dengan begitu maka roda berporos merupakan salah satu jenis pesawat sederhana yang banyak ditemukan pada alat-alat seperti setir mobil, setir kapal, roda sepeda, roda kendaraan bermotor, dan gerinda. Lalu bagaimana dengan obeng? Nah obeng sebenarnya bisa termasuk dengan roda berporos atau juga bisa tidak.


Hal itu karena obeng tidak memiliki sistem roda poros yang dapat menggerakan obeng tersebut, tetapi berbeda dengan obeng yang memang memiliki sistem seperti obeng shock, yang mana ada gaya putar yang dapat mengandalkan putaran, sehingga baut, mur, dan juga sekrup bisa dipasang atau dilepas. Namun obeng juga bisa dibilang termasuk dengan roda berporos, tetapi jika itu obeng dalam keadaan terhubung dengan baut atau mur yang tepat, sehingga putaran dari obeng bisa didapatkan dari dudukan baut, mur, atau sekrup yang sesuai.


Jadi kesimpulannya, obeng bisa dikatakan sebagai alat roda berporos tetapi bisa juga tidak. Hal itu bisa terlihat dengan jelas pada jenis-jenis obeng yang bervariasi, dimana obeng dengan sistem putar jelas adalah obeng yang termasuk dengan roda berporos. Selain daripada itu, obeng bisa dikatakan sebagai roda berporos, apabila ia tersambung dengan baut atau mur, sehingga bisa dikatakan juga baut, mur, dan sekrup yang lebih condong pantas menjadi roda berporos.


Nah itulah pemahaman yang perlu anda ketahui mengenai obeng yang termasuk roda berporos, semoga jadi manfaat untuk anda semua serta dapat memperluas wawasan anda terkait dengan obeng serta roda berporos. Sekian dari kami, jika anda tertarik ingin memiliki obeng terbaik dan berkualitas, maka rekomendasi kami adalah obeng dari perkakas Tenka. Untuk mengetahui lebih lanjut serta keterangan lanjut perkakas Tenka, maka anda bisa kunjungi lengkapnya di IndahJaya.com