top of page

Pemilihan Material Selang Industri Berdasarkan Kebutuhan



Selang merupakan benda yang perannya penting dalam memindahkan fluida atau cairan ke suatu tempat, baik itu pada ketinggian tertentu dengan mengandalkan pompa yang memberikan tekanan. Meski berguna penting, sayangnya itu tidak menjadikan selang sulit untuk dibawa kemana saja dan kapan saja. Hal itu karena umumnya selang adalah alat yang terbuat dari bahan khusus untuk digunakan dalam mengalirkan benda cair yang memang ringan.


Tetapi beberapa selang pun ada yang memiliki bobot cukup berat, tetapi tetap masih memiliki kegunaan dan manfaat layaknya selang pada umumnya. Nah dalam kebutuhan dan pengerjaan yang beragam pun, sebenarnya pemilihan material selang sangat perlu diperhatikan agar tidak salah dalam memilih selang yang tepat. Jadi dengan demikian, maka ada baiknya Anda mengetahui pemilihan material selang industri berdasarkan kebutuhannya!


Inilah Pemilihan Material Selang Industri Berdasarkan Kebutuhannya


Material PVC

Material PVC atau polyvinyl chloride, merupakan material dari pembuatan selang industri PVC, yang mana selang tersebut sangat sesuai kebutuhan seperti cat, minyak dan bahan makanan atau minuman. Tidak hanya itu, selang dengan material PVC pun juga sama digunakan dalam banyak keperluan seperti selang pneumatik, selang air, irigasi, dan bahkan juga pada kebutuhan konstruksi. Hal ini karena memang selang PVC adalah selang yang lebih fleksibel dan elastis yang mendukung pengerjaan tersebut. Kemudian dengan adanya body transparan pada selang, maka itu bisa memudahkan untuk melihat dan memastikan material yang sedang dialirkan.


Material Karet

Selang karet adalah selang yang cukup fleksibel, yang mana itu karena memang selang tersebut terbuat dari bahan karet atau plastik. Dengan terbuatnya dari material karet, maka selang industri satu ini dapat digunakan untuk mengalirkan cairan atau gas dari satu tempat ke tempat lainnya. Kemudian selang ini pun dapat dipergunakan untuk pengelasan gas, pemotongan dan lain sebagainya. Alasannya karena bahan karet bagian dalam ada dilengkapi dengan NBR atau karet sintetis.


Material Kawat Stainless Steel

Ternyata ada selang industri yang diberi anyaman kawat stainless steel di bagian terluarnya. Selang tersebut ada untuk digunakan dalam mendistribusikan cairan steam. Dengan adanya anyaman kawat stainless steel di bagian terluarnya, maka itu akan efektif bisa bertahan dalam proses steam yang memang merupakan cairan panas bertekanan yang membutuhkan media yang lebih kuat agar bisa menahan tekanan dengan baik. Dengan memberi anyaman pada bagian luarnya, maka itu dapat mengatasi selang bocor akibat selalu terpapar cairan panas.


Material Abrasif

Material ini lebih dikenal sebagai material yang terbuat dari karet murni yang tebal. Pembuatan selang dengan material ini akan membuat selang industri memiliki bobot yang lebih ringan, sehingga dengan begitu maka penggunaan selang akan menjadi lebih fleksibel. Dari sifatnya yang lebih fleksibel, maka selang ini dapat digunakan dalam kebutuhan membawa bahan abrasif non-berminyak atau kasar seperti batu, lumpur, pasir, batu kapur, dan pelet plastik. Begitu juga kebutuhan dalam truk tangki untuk servis di dalam pabrik yang digunakan sebagai hose penghantar statis atau static conductive hose.


Nah itulah artikel dari kami yang membahas mengenai pemilihan material selang industri berdasarkan kebutuhannya. Sekian semoga jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada semuanya. Untuk selang terbaik dan berkualitas, maka kami rekomendasikan selang Toyox kepada Anda semua. Mengenai selang Toyox, Anda bisa mendapatkannya atau mengetahui lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page