Pengertian dari Mitigasi Bencana Banjir dan Beberapa Langkah Pencegahannya



Bencana merupakan salah satu hal yang paling bisa merugikan bagi banyak orang, itu karena bencana terutama bencana alam bisa datang kapan saja dan dimana saja. Selain itu, bencana-bencana sulit untuk diprediksi dan dicegah, apalagi diatasi ketika bencana sudah datang melanda banyak orang. Nah salah satu bencana yang menjadi langganan di banyak tempat, adalah bencana air yaitu banjir.


Bencana banjir tentu memiliki beberapa faktor pemicunya, tetapi juga memiliki beberapa cara untuk pencegahannya, seperti dari Mitigasi. Apa sih itu Mitigasi? Tentunya masih banyak yang belum mengerti tentang apa itu Mitigasi, oleh karena itu bagi anda yang belum tahu dan segera ingin tahu Mitigasi, maka anda wajib simak artikel ini selengkapnya. Ayu simak, karena selain pengertian Mitigasi, kami juga akan berikan beberapa langkah pencegahannya Mitigasi.

Pengertian dari Mitigasi yang Perlu Anda Ketahui Lebih Lanjut

Apa itu Mitigasi? Nah, Mitigasi sendiri adalah suatu upaya yang dilakukan untuk mengurangi risiko dan dampak yang diakibatkan oleh bencana terhadap masyarakat di kawasan rawan bencana, baik itu bencana alam atau akibat ulah manusia atau bisa jadi karena keduanya, seperti salah satu bencananya yaitu banjir yang bisa disebabkan oleh alam atau faktor kelalaian manusia.


Lalu dari mana kata Mitigasi terjadi? Nah diketahui Mitigasi sendiri merupakan proses pengurangan dampak kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh bencana, dan dari situlah muncul sebuah istilah yang disebut dengan “Mitigasi”. Lalu setelah lahir istilah Mitigasi, Mitigasi sendiri tidak berdiri sendiri, tetapi sudah disertai oleh beberapa kesiapan, tanggapan, dan bahkan cara dalam penormalan kembali atas terjadinya bencana alam.


Perlu anda ketahui, Mitigasi sendiri juga memiliki beberapa program yaitu Mitigasi bencana harus memiliki integrasi dengan program pembangunan, Mitigasi juga memiliki beberapa fokus yang berbeda tergantung kebutuhan dasar lainnya, perlu sinkronisasi terhadap situasi serta kondisi sosial, budaya serta ekonomi setempat, hingga adanya peningkatan kapasitas masyarakat untuk membuat keputusan, menolong diri sendiri dan membangun sendiri, yang mana juga disusul dengan mempelajari tata guna lahan masyarakat.

Langkah Pencegahan dari Mitigasi yang Perlu Anda Ketahui dan Pelajari

Diketahui, terdapat beberapa hal penting dalam proses Mitigasi bencana atau langkah pencegahannya. Dan hal penting tersebut yaitu tersedianya informasi dan peta kawasan rawan bencana untuk tiap kategori bencana, lalu ada sosialisasi dalam meningkatkan pemahaman serta kesadaran masyarakat dalam menghadapi bencana, serta mengetahui apa yang perlu dilakukan dan dihindari yang dilengkapi dengan cara penyelamatan diri jika bencana terjadi sewaktu-waktu, tidak lupa juga adanya penataan kawasan rawan bencana untuk mengurangi ancaman bencana yang akan datang.


Jadi lebih jelasnya, dalam Mitigasi diperlukan beberapa langkah dalam pencegahannya, yaitu adanya kegiatan sebelum bencana terjadi, lalu mempersiapkan segalanya sebelum bencana seperti bencana banjir yang akan datang, ditambah memiliki respon dan tanggapan dari masyarakat sekitar, lalu lakukan pemulihan seperti pemulihan tempat tinggal apabila terjadi bencana, hingga adanya evaluasi pada bencana yang belum terjadi dan sedang terjadi hingga setelah terjadi bencana seperti bencana banjir.


Dan itulah segalanya yang perlu anda ketahui mengenai apa itu Mitigasi dan juga beberapa langkah pencegahannya. Tentunya sangat cocok dalam anda mengatasi banjir, tetapi apabila banjir masih saja anda alami, maka anda bisa atasi dengan cara menyedot air banjir yang ada. Anda bisa menyedot air banjir dengan mengandalkan pompa celup Tsurumi tipe HS, dimana anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


Sekian artikel bermanfaat dan bisa menambah wawasan pikiran anda ini, yang mana pastinya akan sangat berguna bagi anda dan juga pada bencana banjir. Anda bisa bagikan artikel ini kepada yang lainnya, dimana ketika anda bagikan maka anda secara tidak langsung membantu yang lain dalam mencegah banjir hingga bisa mengatasi banjir.