top of page

Yuk Simak Lebih Lanjut Mengapa Kalibrasi Selang Industri Begitu Penting?



Kalibrasi dikenal sebagai suatu proses pengecekan dan pengaturan akurasi dari alat ukur dengan cara membandingkannya dengan standar/tolak ukur. Dalam penerapannya sendiri, kalibrasi akan sangat diperlukan, yakni digunakan untuk memastikan bahwa hasil pengukuran yang dilakukan akurat dan konsisten dengan instrumen lainnya. Lalu pada hasil pengukuran yang tidak konsisten akan berpengaruh langsung terhadap kualitas suatu produk.


Kalibrasi umumnya juga dapat ditemukan dalam kegiatan industri, yang mana dalam kegiatan industri, kalibrasi dibutuhkan untuk menentukan kebenaran konvensional suatu nilai pada alat dan bahan ukur. Nah dalam pelaksanaannya juga, ada beberapa langkah penting kalibrasi, yaitu dimulai dari persiapan, pelaksanaan, dan juga laporan. Selain berguna untuk memastikan ukuran kegiatan industri, kalibrasi juga penting bagi selang-selang yang ada di industri.

Inilah Alasan Mengapa Kalibrasi Selang Industri Menjadi Suatu Hal yang Penting Adanya

Kalibrasi merupakan proses verifikasi bahwa suatu akurasi alat ukur sesuai dengan rancangannya. Kalibrasi biasa dilakukan dengan membandingkan suatu standar yang terhubung dengan standar nasional maupun internasional dan bahan-bahan acuan tersertifikasi. Adapun tujuan kalibrasi adalah untuk mencapai ketertelusuran pengukuran.


Selain itu, kalibrasi juga memiliki manfaat yang dapat berguna untuk mendukung sistem mutu yang diterapkan di berbagai industri pada peralatan laboratorium dan produksi yang dimiliki. Jadi dengan melakukan kalibrasi, maka bisa diketahui seberapa jauh perbedaan atau penyimpangan antara harga benar dengan harga yang ditunjukkan oleh alat ukur.


Pada kegiatan industri dan penelitian, peranan kalibrasi merupakan salah satu tolok ukur jaminan mutu suatu produk atau penelitian, sehingga semua alat ukur (instrumentasi) dan bahan ukur harus dilakukan kalibrasi secara periodik, yakni sesuai dengan persyaratan standar atau spesifikasi teknis yang berlaku. Jadi kalibrasi pada selang itu memang penting adanya, yakni dapat berguna untuk:


  • Manfaat utama dari kalibrasi pada selang adalah berguna untuk memastikan bahwa selang yang digunakan akurat dan dapat dipercaya.

  • Melakukan kalibrasi pada selang berguna juga untuk membantu meningkatkan kepercayaan data dan informasi mengenai selang industri yang digunakan. Ini berguna untuk mendapatkan hasil pengukuran yang akurat pada selang yang sesuai spesifikasi.

  • Dengan melakukan kalibrasi selang secara teratur, maka Anda dapat memastikan bahwa selang yang diandalkan dapat dipercaya, sehingga dengan begitu bisa memperyakin diri Anda bahwa selang tersebut bisa membantu meningkatkan kualitas pekerjaan.

  • Kalibrasi pada selang juga dapat membantu menghindari biaya yang tidak perlu untuk selang. Ini karena kalibrasi dapat menyampaikan informasi detail tentang kondisi selang, seperti kesalahan atau lainnya yang akan mudah diketahui.

  • Melakukan kalibrasi pada selang pun dapat membuat Anda bisa mengetahui kapan selang perlu diperbaiki sebelum mengalami kerusakan yang lebih parah. Hal ini tentu membantu memperpanjang umur selang industri Anda.

  • Selang yang dilakukan kalibrasi adalah selang yang pastinya telah memenuhi syarat. Ini karena kalibrasi telah menjadi syarat yang wajib untuk mematuhi regulasi pemerintah. Dengan melakukan kalibrasi secara teratur pada selang, maka perusahaan atau organisasi dapat memastikan bahwa mereka memenuhi standar yang ditetapkan dan menghindari risiko hukum yang mungkin akan terjadi.


Itulah mengapa kalibrasi pada selang industri begitu penting adanya. Sekian artikel dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda semua. Bilamana Anda ingin memiliki selang, maka yang terbaik dan berkualitas untuk Anda adalah selang dari Toyox. Anda tentu bisa mendapatkan selang Toyox atau mengetahui lebih lengkapnya di IndahJaya.com


bottom of page