top of page

Pentingnya Selang Higienis dalam Industri Makanan dan Minuman


Definisi higienis adalah suatu upaya kesehatan dengan cara memelihara dan melindungi kebersihan subjeknya seperti mencuci tangan dengan air bersih dan sabun guna melindungi tubuh dari faktor-faktor yang menyebabkan penyakit. Jadi dengan itulah, maka penting sekali segala sesuatu yang berkaitan dengan tubuh apalagi makanan minuman harus memiliki tingkat higienis yang sesuai. Ini agar makanan dan minuman yang masuk tidak merusak tubuh kita.


Untuk menciptakan makanan dan minuman yang memang higienis, maka bukan hanya dari cara pembersihan masak atau bahan-bahan masaknya saja. Ini juga harus disertai dengan peralatan tidak langsung yang juga harus higienis, itu salah satunya adalah selang. Nah memang penting adanya selang higienis dalam industri makanan atau minuman, hal ini karena apa yang berkaitan atau bersentuhan dengan bahan makanan haruslah benar-benar higienis.

Mengenal Selang Higienis yang Memang Penting dalam Industri Makanan dan Minuman

Pemahaman selang yang higienis bukan hanya dari selang tersebut yang bersih adanya. Nah selang higienis juga harus menjadi selang yang terbuat dari bahan-bahan yang mana untuk tubuh manusia. Ini seperti bahan silikon yang pada dasarnya adalah karet sintetis. Bahan tersebut dibuat dengan menggabungkan silikon, oksigen dan karbon yang terikat dalam rasio yang ditentukan. Dengan unsur-unsur ini seperti oksigen, silikon, dan karbon terjadi secara alami dan memang biasanya aman untuk digunakan.


Kemudian selang yang memang higienis pastinya adalah selang yang sudah sesuai dengan standar food grade, yaitu suatu keadaan dimana selang tersebut aman untuk kontak langsung dengan makanan dan minuman. Berkat adanya food grade, maka bahan makanan dan minuman yang mengalir dengan selang tidaklah berbahaya saat dikonsumsi. Ini karena food grade pastinya tidak memiliki resiko migrasi bahan-bahan kimia atau komponen lainnya yang ada di selang untuk mengkontaminasi bahan makanan.

Inilah Alasan Mengapa Penting Selang Higienis untuk Industri Makanan dan Minuman

Untuk semakin mengenal dan memahami selang higienis yang memang penting untuk industri makanan atau minuman, maka Anda semua perlu tahu beberapa alasannya tersebut. Nah di berikut ini Anda bisa ketahui beberapa alasan mengapa selang higienis dalam industri makanan dan minuman menjadi penting bagi industri tersebut:


  • Selang higienis penting untuk industri makanan dan minuman, ini karena selang tersebut tidak akan mengkontaminasi makanan atau minuman. Apa yang dimaksud bahan dalam selang tidak akan membuat makanan dan minuman yang jadi menjadi berbahaya. Ini karena selang yang digunakan memang aman untuk makanan dan minuman karena higienis adanya.

  • Faktanya, selang yang tidak higienis bisa mempengaruhi rasa dari suatu makanan atau minuman yang dibuat. Hasil dari makanan atau minuman yang salah pun akan membuat dampak besar yang merugikan industri makanan atau minuman tersebut. Jadi agar tidak ada komplain, kerugian, tuntutan, maka industri makanan atau minuman lebih memilih mengandalkan selang higienis untuk proses pengolahan makanan dan minuman.

  • Selang higienis pastinya sudah sesuai dengan food grade, yang mana itu menjadi standar penting yang dibutuhkan oleh hampir semua industri makanan dan minuman. Ini menjadi dasar penting bagi industri tersebut, karena bila tidak menggunakan selang food grade, maka bisa disimpulkan selang yang diandalkan adalah selang yang tidak higienis.


Sekian artikel dari kami mengenai pentingnya selang higienis dalam industri makanan dan minuman. Kiranya bermanfaat bagi Anda serta kepada yang lainnya juga. Untuk selang terbaik dan berkualitas yang memang bisa diandalkan, maka rekomendasi untuk Anda adalah selang dari Toyox. Mengenai selang Toyox, Anda dapat mengetahui lebih lanjut dengan mengunjungi IndahJaya.com


bottom of page