Simak Beragam Penyebab Rusaknya Selang Hidrolik yang Cukup Umum dan Mengganggu



Pada setiap alat teknik, pastinya sudah umum apabila ditemukan kerusakan ataupun masalah lainnya. Namun selain alat teknik, ada juga komponen-komponennya yang juga bisa menyebabkan kerusakan, atau bahkan rusak pada komponennya. Seperti halnya dengan selang hidrolik, yang mana selang tersebut juga tidak luput dari kerusakan yang umum dan terbilang cukup mengganggu pada selang tersebut.


Nah bagi anda pemilik selang hidrolik atau bukan, kami melalui artikel ini akan memberikan anda semua pemahaman tentang kerusakan yang sering terjadi pada selang hidrolik. Dimana tentunya itu sangat jelas bermanfaat bagi anda dalam menambah wawasan anda mengenai selang hidrolik. Maka dari itu, langsung saja silahkan anda semua simak dan pelajari artikel kami ini dan juga penjelasannya di bawah ini!

Beragam Penyebab Rusaknya Selang Hidrolik yang Cukup Umum dan Mengganggu

Adanya Abrasi Lapisan Luar

Selang hidrolik jelas menggunakan material yang terbuat dari karet sintetis, maka dari itu selang hidrolik akan rentan terkena abrasi oleh benda lain di sekitarnya. Abrasi sendiri, adalah salah satu masalah umum yang menyebabkan selang hidrolik rusak, terutama jika selang tersebut sering terkena sinar matahari atau air hujan yang ada di luar ruangan. Ciri selang hidrolik terkena abrasi, yaitu adanya pengembangan pada selang, dan tentunya itu bisa berpotensi membahayakan terutama saat terjadi gesekan dengan objek lain.

Munculnya Erosi

Erosi adalah salah satu penyebab umum yang membuat selang hidrolik rusak, dimana erosi akan membuat cairan hidrolik di dalam selang mengikis lapisan dalam selang perlahan-lahan, dan nanti pada akhirnya akan mengakibatkan selang menjadi bocor ataupun kerusakan lainnya. Oleh karena itu, anda harus rajin memeriksa bagian luar dan juga bagian dalam dari selang hidrolik, sehingga nantinya bisa ditemukan apakah selang tersebut bermasalah atau tidak.

Temperature Overheat

Seperti yang anda tahu, selang hidrolik sendiri terdiri dari material karet, dan karena itu apabila ada temperatur yang panas atau overheat, maka kulit selang lama-kelamaan akan mengelupas dan rusak. Kulit selang hidrolik yang rusak, tentunya menyebabkan kebocoran saat selang sedang dioperasikan. Maka dari itu pastikan selang hidrolik anda jauh dari temperatur yang panas, baik dari matahari atau pengoperasian mesin yang terlalu panas.

Meletus Karena Beberapa Masalah

Jika selang meletus, maka jelas akan membuat selang hidrolik mengalami kebocoran. Lalu apakah penyebab meletusnya selang hidrolik? Nah penyebabnya bisa dari Fitting selang hidrolik lepas, rangka kawat benang selang hidrolik yang sudah rusak, adanya kerusakan lapisan luar selang, hingga Bend radius yang terlalu kecil.

Penggunaan yang Salah

Masalah ini biasanya sering ditemukan karena kecerobohan para pemakainya, dimana mereka tidak terlebih dahulu meninjau selang hidrolik yang mereka punya. Selang hidrolik pada dasarnya adalah selang yang bisa berguna untuk menyalurkan bahan bakar, gas, udara, air, dan sebagainya. Jadi selang hidrolik memiliki batasan dalam penggunaannya, dimana tidak semua sama.

Menekuk Terlalu Lama

Meskipun selang, tetapi selang hidrolik sendiri tidak boleh digunakan dengan gaya menekuk, itu karena bisa menyebabkan bend radius yang kurang, dan apabila dibiarkan akan membuat selang bocor atau bahkan meletus. Jadi pastikan anda gunakan atau fitting secara lurus tanpa bengkok.

Tidak Pernah Merawatnya Secara Berkala

Layaknya alat, mesin, selang juga perlu dirawat dalam penggunaan berkalanya. Selang hidrolik yang tidak dirawat, bisa berpotensi pada kerusakan yang mana salah satunya yang paling sering adalah bocornya selang. Jadi anda jangan ragu dan malas dalam merawat selang hidrolik, karena setiap apapun yang tidak dirawat bisa menimbulkan masalah dan penyakit.


Jadi itulah artikel yang membahas beberapa penyebab umum dan paling mengganggu yang bisa menyebabkan selang hidrolik bocor, semoga bisa bermanfaat bagi anda dan bisa anda bagikan kepada yang lainnya. Bagi anda yang berniat ingin memiliki selang atau menggantinya dengan yang baru dan berkualitas, maka kami rekomendasikan selang Toyox. Mengenai produk tersebut, maka anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.