top of page

Menghindari Sumbatan: Panduan Perawatan Pompa Celup Non-Clog



Tidak sedikit saat ini banyak orang lebih memilih pompa celup daripada pompa air biasa. Alasannya karena pompa celup itu memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan pompa air lainnya. Pompa celup atau submersible pump memang adalah jenis pompa yang dapat mendorong sumber air ke permukaan berkat adanya perangkat Impeller yang memutar di dalam casing. Putaran tersebut dihasilkan oleh motor listrik yang berada di dalam mesin.


Penggunaan pompa celup yang memang stabil adalah pompa celup yang tidak mengalami kendala atau kerusakan, dimana secara umum kerusakan pada pompa celup biasa terjadi pada kesalahan penggunaan atau manusia. Hal ini seperti perawatan pompa celup yang salah yang malah membuat pompa celup tidak berfungsi dengan benar, baik mati total, tersendat, hingga stuck karena adanya endapan atau sumbatan yang menghalangi pergerakan pompa celup.

Inilah Panduan Perawatan Pompa Celup Non-Clog untuk Menghindari Sumbatan

Pompa celup Non-Clog adalah pompa celup yang memiliki impeller tersembunyi 100%, atau rotor terbuka yang memang sudah dirancang khusus. Adapun ciri lainnya pompa tersebut memiliki desain yang disinyalir bisa memungkinkan benda padat yang lewat sama dengan lebar pelepasan pompa. Karena cara kerja serta peranannya tersebut, maka pompa tersebut sangat dicari dalam aplikasi yang membutuhkan pengangkutan bahan padatan tinggi seperti pertambangan, pengolahan limbah, industri minyak / gas, pengerukan dan banyak lagi.


Akan tetapi pompa celup Non-Clog akan bermasalah serta tidak bisa digunakan sebagaimana adanya jika pompa celup tersebut mengalami penyumbatan yang ada. Hal ini dikarenakan sumbatan dapat menghambat laju gerak dalam pada motor pompa celup, baik itu bagian impeller atau bagian lainnya. Jika dibiarkan begitu saja, jelas pompa celup tersebut lama-kelamaan akan rusak dengan sendirinya, sehingga pekerjaan yang ada pun tidak bisa diselesaikan.


Jadi penting sekali merawat pompa celup Non-Clog agar pompa celup tersebut dapat terhindar dari sumbatan yang memang mengganggu adanya. Nah adapun perawatan yang benar untuk pompa celup Non-Clog agar tidak menimbulkan sumbatan, panduan tersebut antara lain bisa Anda ketahui berikut ini:


  • Sumbatan pada pompa celup Non-Clog umum terjadi jika pompa celup tersebut sering kali dalam keadaan kotor. Hal ini bahkan semakin parah jika pompa celup lama tidak dibersihkan dengan benar dan tepat, sehingga dengan begitu membuat kotoran menumpuk dan membuat pompa celup Non-Clog tidak berfungsi dengan benar. Jadi karena itu, pastikan pompa celup Non-Clog rutin dibersihkan dengan benar.

  • Selain pembersihan pada pompa celup, pembersihan pompa celup Non-Clog agar tidak terjadi sumbatan juga harus diperhatikan pada pipa atau selang yang tersambung dengan pompa celup tersebut. Hal ini karena kotoran pun juga bisa datang dari saluran pipa atau selang yang tersambung pada pompa tersebut.

  • Kemudian Anda juga sudah seharusnya memperhatikan kualitas fluida yang akan dihantarkan oleh tenaga pompa celup Non-Clog. Karena fluida seperti limbah atau dengan tingkat kepadatan tertentu dapat juga membuat sumbatan pada pompa celup Non-Clog Anda.

  • Anda juga harus terus memeriksa keausan dan kerusakan pada bagian pompa celup Non-Clog. Ini seperti memeriksa keausan dan kerusakan pada bagian pompa tersebut yang mana memang sangat penting untuk menjaga kualitas pompa serta terhindar dari sumbatan. Jadi selalu periksa bagian-bagian seperti impeller, seal, dan bearing untuk melihat apakah ada tanda-tanda keausan atau kerusakan.


Itulah artikel dari kami mengenai panduan merawat pompa celup Non-Clog agar bisa terhindar dari sumbatan. Sekian dan kiranya bisa jadi manfaat bagi Anda semua. Untuk pompa celup terbaik dan berkualitas yang bisa diandalkan, kami rekomendasikan pompa celup dari Tsurumi. Anda bisa mengetahui lebih lanjut mengenai pompa celup Tsurumi di IndahJaya.com

Σχόλια


bottom of page