Informasi Lengkap Perawatan Pompa Celup Untuk Kolam Agar Awet



Kolam merupakan wadah besar yang berisikan air, bisa air untuk berenang maupun air untuk tempah hidup para ikan. Nah kolam pada umumnya akan mudah ditemukan di banyak tempat, yang mana memang kolam bisa memberikan manfaat bagi lingkungan dan juga keindahan tersendiri bagi suatu lingkungan. Namun kolam pada dasarnya akan dilengkapi dengan alat atau mesin seperti pompa air.


Itu karena pompa air dapat diandalkan untuk menguras, mengisi, bahkan menjadi air mancur bagi suatu kolam yang tentunya sangat bermanfaat bagi kolam. Nah salah satu pompa air yang juga memiliki kegunaan dan fungsi seperti itu, pompa tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah pompa celup. Tetapi layaknya pompa air biasa, pompa celup yang digunakan untuk kolam juga perlu dirawat. Dimana cara perawatannya bisa Anda simak di artikel ini!


Inilah Informasi Lengkap Mengenai Perawatan Pada Pompa Celup Untuk Kolam

Berikut adalah beberapa informasi mengenai perawatan yang benar pada pompa celup yang digunakan atau diandalkan bagi kolam, baik itu kolam renang ataupun kolam ikan. Tentunya informasi-informasi yang akan kami berikan adalah informasi yang bisa membuat pompa celup semakin awet dan tidak mudah rusak, terutama ketika pompa celup tersebut digunakan untuk kebutuhan kolam.


Memeriksa Kebocoran pada Pompa Celup

Tentunya Anda perlu memeriksa kebocoran yang ada pada pompa celup, dimana jika terjadi kebocoran pada pompa celup, maka kemungkinan air pada kolam bisa masuk ke dalam ruang mesin yang dapat membuat kerusakan. Nah maka dari itu, Anda perlu memeriksa apakah ada kebocoran atau tidak pada pompa celup. Contohnya memeriksa bagian casing pompa celup, baut-baut pompa celup yang kencang, hingga apakan ada keretakan dan sebagainya.


Selalu Membersihkan Pompa Celup

Pompa celup yang digunakan untuk kolam biasanya akan rentan atau mudah kotor, baik itu pada bagian luar pompa atau pada bagian tertentu atau komponen yang ada pada pompa celup. Oleh karena itu, penting sekali Anda membersihkan pompa celup untuk kolam secara benar dan rutin, seperti pada bagian panel control, hingga sebagainya yang ada pada pompa celup dan harus dalam keadaan bersih.


Membersihkan Impeller Pompa Celup Secara Berkala

Tidak hanya komponen, impeller juga penting untuk Anda bersihkan, begitu juga pada ruang-ruang pada motor penggerak. Hal itu tentu akan bermanfaat membuat pompa celup menjadi tidak mudah rusak, ataupun bisa awet serta tahan lama. Untuk membersihkan impeller yang ada pada pompa celup, Anda bisa menurunkan MCB terlebih dahulu untuk melakukan pemeriksaan. Lalu kemudian, Anda juga perlu melihat kinerja dari MCB dengan melihat dari setting timer. Untuk pembersihannya, Anda bisa masuk ke dalam tangki air dan periksa putaran impeller pada pompa, serta juga membersihkannya.


Menyesuaikan Sambungan Kabel pada Pompa Celup

Berikutnya ada pengecekan atau perawatan pada kabel pompa celup. Anda bisa mengecek kondisi kabel terendam yang ada di pompa celup ataupun pada bagian yang terhubung. Pastikan Anda untuk melepaskan sambungan kabelnya terlebih dahulu. Lalu jika sudah, maka Anda hanya perlu sambungkan kembali untuk memastikan kabel pompa celup tersebut kencang dengan benar dan sesuai. Tetapi jangan lupa kemudian, Anda harus kembali menaikkan kembali MCB nya.


Nah itulah beragam cara perawatan yang benar pada pompa celup, terutama pompa celup yang digunakan untuk kolam. Semoga bermanfaat bagi Anda dan juga kepada yang lainnya. Jika ada diantara Anda yang tertarik dengan pompa celup, maka rekomendasi yang terbaik dan berkualitas ada pada produk Tsurumi yang ada di IndahJaya.com