Informasi Lengkap Perawatan Pompa Celup Untuk Tambak Agar Selalu Awet



Tambak dalam perikanan adalah istilah sebagai kolam buatan. Nah biasanya tambak akan ada di daerah pantai, yang mana wadah besarnya akan diisi dengan air dan dimanfaatkan sebagai sarana budidaya perairan. Hewan yang dibudidayakan pastinya adalah hewan air, terutama seperti beberapa jenis ikan, udang, serta kerang, yang mana semuanya adalah jenis yang layak sekali untuk dikonsumsi.


Jadi dengan demikian, tambak itu termasuk sebagai budidaya ikan, sehingga tidak heran usaha tersebut membutuhkan banyak sekali peralatan untuk tambak, yang salah satunya adalah pompa celup. Pompa celup memang salah satu alat yang dibutuhkan bagi keperluan tambak, tetapi hal tersebut juga tidak menutup kemungkinan pompa celup tidak mudah rusak. Oleh karena itu maka pompa celup pada tambak perlu dirawat, yaitu dengan perawatan yang akan kami jelaskan di bawah ini!


Inilah Informasi Lengkap Mengenai Perawatan Pompa Celup Untuk Keperluan Tambak

Berikut adalah informasi atau bisa juga dibilang cara merawat pompa celup untuk tambak, yang mana cara-cara yang akan kami jelaskan adalah cara terbaik dan juga efektif dalam membuat pompa celup semakin awet dan tidak mudah rusak untuk keperluan tambak.


Memastikan Komponen Kontrol Pada Pompa Celup dalam Keadaan Bersih

Pompa celup yang digunakan untuk keperluan tambak biasanya akan mudah kotor, maka dari itu Anda harus secara rutin membersihkan komponen pompa celup dalam keadaan bersih. Contohnya seperti membersihkan panel control pada pompa celup, yang mana itu bisa dimulai ketika suplai tegangan sudah dalam keadaan mati. Lalu setelah itu, maka Anda bisa membersihkan dengan pembersih yang sesuai rekomendasi, seperti cotton bud, kapas, tisu kering, dan sebagainya.


Memeriksa dan Juga Membersihkan Komponen Impeller

Pembersihan impeller dan juga ruang-ruang dalam motor penggerak pompa celup juga perlu Anda utamakan. Karena ada kemungkinan juga kotoran dari tambak akan masuk ke sela-sela kecil pompa celup. Nah cara membersihkannya Anda bisa menurunkan MCB terlebih dahulu lalu kemudian Anda tinggal bersihkan dengan benar. Selain itu, Anda juga dapat melihat kinerja dari MCB dengan melihat dari setting timer, lalu kemudian Anda dapat masuk ke dalam tangki air dan periksa putaran impeller pada pompa yang juga bisa Anda bersihkan dengan benar sampai bersih.


Memeriksa Kebocoran Pada Pompa Celup

Pompa celup yang digunakan untuk keperluan tambak biasanya akan digunakan pada sistem kerja terendam air. Oleh karena itu maka penting sekali selalu memastikan kondisi luar dalam pompa celup yang harus tidak bocor. Nah karena jika ada kebocoran, maka air tambak akan masuk dan merusak pompa dengan cepat, yang mana itu akan merugikan usaha tambak tersebut.


Selalu Memeriksa Bagian Pipa dan Selang Sambungan pada Pompa Celup

Tidak hanya pompa celup saja, pemeriksaan pipa dan selang yang tersambung dengan pompa celup juga harus diperhatikan. Pemeriksaan pipa dan selang tentunya berguna untuk mengetahui apakah terjadi kerusakan atau kemampetan pada bagian saluran tersebut. Jadi tentu pemeriksaan ini bisa Anda lakukan secara berkala dan juga secara rutin. Namun tidak hanya itu, kabel sambungan pada pompa celup juga perlu Anda perhatikan, alias disesuaikan posisinya jangan sampai beresiko rusak atau putus.


Jadi itulah beberapa informasi dari kami mengenai perawatan yang benar dan efektif untuk pompa celup yang diandalkan bagi keperluan tambak. Sekian dari kami, semoga bermanfaat bagi Anda semuanya. Nah jika Anda tertarik ingin memiliki pompa celup, maka yang terbaik dan berkualitas ada pada produk Tsurumi yang ada di IndahJaya.com