Perhatikan Bahan dan Ukuran Selang Air Sebelum Membeli


Perhatikan Bahan dan Ukuran Selang Air Sebelum Membeli

Sebelum membeli selang air, Anda harus memperhatikan dengan cermat ukuran selang air. Ukuran dan bahan selang air yang berbeda, menunjukkan fungsi yang berbeda juga. Selang air dibutuhkan untuk pekerjaan pada berbagai bidang seperti pertanian, pembangunan, rumah tangga dll.


Anda pasti merasa repot bila harus membawa air secara kontinyu dengan menggunakan ember ke lokasi yang tidak dekat. Terlebih, tumpahan air dapat membuat jalan atau rumah menjadi basah dan licin. Sehingga berbahaya bagi anggota keluarga khususnya anak - anak.


Untuk itu setiap rumah memiliki minimal satu selang air untuk meringankan pekerjaan. Biasanya barang ini cukup awet sehingga Anda tidak harus sering – sering menggantinya. Penting memperhatikan kualitas bahan dan ukuran selang sebelum membeli, agar awet dan sesuai fungsi yang dibutuhkan.


Ukuran Selang Air berdasarkan Fungsinya


Ada berbagai macam ukuran selang dari ½ inchi sampai ukuran 8 inchi. Ukuran tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan dan ukuran kran air. Semakin besar diameter selang, maka debit air yang dihasilkan juga semakin besar.


1. Selang Taman


Kegiatan berkebun tidak membutuhkan selang air yang berukuran besar karena debit air yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar. Anda dapat memilih ukuran selang air ¾ hingga 1 inchi. Jangan lupa untuk menyesuaikan ukuran selang dengan ukuran kran.


Selain itu, Anda juga harus mengetahui jangkauan atau luas taman agar dapat menentukan panjang selang yang dibutuhkan.


2. Selang Air Spiral


Selang air jenis ini biasanya terbuat dari bahan PVC dengan warna transparan yang dapat memungkinkan Anda melihat pergerakan air. Ukuran selang air spiral biasanya berkisar antara 1 inchi sampai 8 inchi.


3. Selang Akuarium


Untuk membersihkan akuarium, dibutuhkan selang yang berukuran kecil sekitar 5/16 inchi. Selang ini dibutuhkan untuk mengganti air yang sudah kotor. Bahan yang digunakan untuk selang ini adalah karet, sebab lebih elastis sehinga tidak gampang retak.


Tips Menyimpan Selang Air agar Awet


Selang air bukan termasuk dalam kebutuhan primer, namun keberadaannya dapat sangat membantu kebutuhan Anda. Agar selang dapat bertahan lama dan ukuran selang air tidak menciut, sebaiknya Anda memperhatikan tips penyimpanan selang di bawah ini.


1. Gulung Selang dengan Benar


Agar tidak mengganggu, setelah selang digunakan sebaiknya digulung dengan rapi. Pastikan agar tidak ada bagian selang yang melintir, agar tidak terjadi keretakan dan kebocoran. Sebaiknya Anda memilih selang berbahan karet yang lebih elastis dan tidak mudah retak ketika digulung.


2. Simpan di Tempat yang Sesuai


Setelah digulung rapi, letakkan selang di tempat yang memiliki suhu normal. Agar ukuran selang air tidak menciut atau memuai ketika terkena suhu yang terlalu dingin atau panas. Jangan letakkan barang – barang di atas selang karena dapat membuat selang retak dan bocor serta kempes sehingga membuat aliran air tidak lancar.


3. Membersihkan Selang Air dengan Rutin


Selang air yang tidak dibersihkan dapat menimbulkan lumut dan kotoran yang menyumbat jalannya air. Untuk itu sebaiknya Anda menjemur sebentar selang air setelah digunakan atau membersihkannya dengan kerikil dan potongan spons. Caranya adalah memasukkan kerikil kecil ke dalam selang kemudian aliri dengan air bertekanan tinggi.


Sebelum membeli selang, perhatikan bahan selang yang tersedia. Bahan PVC memiliki bentuk yang lebih kokoh dengan bobot yang ringan. Selang ini biasanya digunakan untuk kegiatan sederhana di rumah. Selang dengan bahan karet lebih lentur dan elastis.


Pastikan ukuran dan bahan selang sesuai dengan yang dibutuhkan. Ada berbagai macam ukuran selang mulai dari ¼ inchi hingga 3 inchi. Semakin besar ukuran selang air maka debit air yang keluar juga semakin besar.