top of page

Perkakas Industri: Jenis, Fungsi, dan Keuntungan Menggunakannya dalam Pekerjaan Manufaktur



Industri termasuk sebagai kegiatan ekonomi, yang mana memang ia sangat berkaitan dengan pengolahan dan pembuatan bahan baku atau pembuatan barang jadi di pabrik dengan menggunakan keterampilan dan tenaga kerja dari para manusia. Tidak hanya itu, ada juga dari penggunaan alat-alat di bidang pengolahan hasil bumi, yang kemudian nantinya distribusinya akan menjadi sebagai kegiatan utama pada industri tersebut.


Bukan hanya memiliki mesin-mesin, di industri pun juga harus memiliki atau dilengkapi dengan perkakas industri. Hal itu penting bagi industri, karena industri umumnya menggunakan mesin, sehingga untuk menerapkan perbaikan atau perawatan membutuhkan alat seperti perkakas. Jadi perkakas untuk industri adalah perkakas yang memang terdiri dari beberapa fungsi serta keuntungan yang memang sangat dibutuhkan bagi pekerjaan manufaktur di suatu industri.


Pengenalan Perkakas Industri yang Memang Terbaik untuk Pekerjaan Manufaktur

Pada industri, terutama industri manufaktur, yaitu industri yang memang memproduksi barang jadi dari bahan baku, tentunya pada industri tersebut dilengkapi dengan mesin produksi, yaitu mesin yang bisa digunakan atau diandalkan pada proses pengolahan di industri tersebut. Nah dengan adanya mesin tersebut, maka para pekerja yang ada di industri pun bisa dengan cepat atau lebih efisien dalam menjadikan bahan mentah menjadi bahan jadi yang siap untuk diproduksi. Namun ada kalanya mesin tidak beroperasi dengan benar, sehingga ketika itu terjadi maka harus melakukan reparasi atau perawatan, yang mana itu membutuhkan perkakas.


Beberapa Jenis dan Fungsi dari Perkakas untuk Banyak Industri

Inilah beberapa jenis dan fungsi dari perkakas industri untuk banyak industri, terutama bagi industri manufaktur:

  • Obeng: Pada pengerjaan atau proses produksi di industri, maka akan ada dapat ditemukan beberapa alat atau benda yang saling terhubung dengan baut atau sekrup. Sehingga untuk mengantisipasi adanya kebutuhan dalam membuka atau memasangnya, maka beberapa jenis obeng sangat diperlukan.

  • Tang: Tang merupakan perkakas yang memang umum ditemukan di banyak sektor, begitu juga dengan di industri. Tang berguna untuk menjepit atau memberikan cengkraman khusus agar benda atau objek bisa presisi dipegang, baik untuk melepas atau ingin mengaitkan sesuatu.

  • Palu: Palu merupakan perangkat keras yang dapat digunakan untuk memukul benda keras. Alat ini dibuat dari baja serta kedua ujungnya di keraskan, dengan berbagai jenis yang memang bisa digunakan. Nah karena penggunaannya tersebut, maka palu juga bisa dimasukan dalam daftar perkakas untuk industri.

  • Kunci L: Atau kunci inbus, merupakan kunci yang digunakan untuk melepas baut yang berbentuk bulat. Kunci ini di dalamnya ada lubang berbentuk segienam, yang mana itu dibuat dari baja hexagonal high tensile yang dibengkokkan dengan sudut yang tepat berbentuk L dan berbentuk huruf T. Penggunaannya cukup tepat dan memang dibutuhkan di bengkel, begitu juga di industri.

  • Kunci Inggris: Adalah perkakas tangan dan listrik yang memang juga harus ada di industri. Alasannya, karena perkakas ini sangat berfungsi untuk membuka serta memperketat kepala baut atau mur yang ukurannya diubah sesuai batas maksimum.


Nah jadi itulah artikel dari kami yang membahas mengenai perkakas industri, baik itu pengenalannya maupun jenis serta fungsinya. Sekian dari kami, semoga artikel ini jadi manfaat bagi Anda dan kepada semuanya. Bilamana Anda tertarik ingin memiliki perkakas, maka yang terbaik dan berkualitas dari rekomendasi kami adalah perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka, Anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


ความคิดเห็น


bottom of page