top of page

Apakah Aman Jika Netral PLN dan Genset Digabung Beserta Caranya



Kabel netral merupakan kabel yang bermuatan listrik rendah (mendekati nol), oleh karena itu maka sering kali juga disebut sebagai kabel negatif atau kabel badan. Nah kabel netral sendiri tentunya cukup umum ditemukan di beberapa alat pembangkit listrik seperti Genset, yang mana banyak pengguna Genset akan menggabungkan itu dengan netral PLN.


Tentunya yang sering jadi pertanyaan dari netral Genset, adalah apakah netral PLN dan Genset digabung itu aman atau tidak? Nah bagi anda yang memang penasaran dengan jawabannya, maka kami akan berikan jawabannya di artikel ini. Tidak hanya itu saja, kami juga akan sertakan caranya agar anda bisa mengerti dan juga memahaminya. Oleh karena itu silahkan simak artikel ini selengkapnya!

Apakah Aman Jika Netral PLN dan Genset Digabung?

Tentunya cukup banyak pertanyaan yang menanyakan hal tersebut. Nah jawaban dari pertanyaan, apakah aman menyambung jadi satu kabel netral dari PLN ke Kabel netral dari generator sementara kabel Live dilewatkan saklar pilih, adalah belum tentu aman dan sebaiknya jangan dilakukan. Hal itu karena belum tentu netral dari PLN sama dengan netral dari mesin Genset.


Contohnya seperti ini, apabila ada Genset 380/220 Volt dengan netral Genset-nya ada di 12 Volt, maka itu berarti phase nya ada di 232 Volt/phase. Lalu apabila ada netral Genset ketemu netral PLN, maka kedua netral tersebut akan bernilai 0 Volt. Sehingga bisa disimpulkan bahwa beda potensial ketika menggunakan genset menjadi 232 Volt.


Sejauh yang diketahui saat ini, tentunya penggabungan itu tidak berbahaya. Tapi jelas dalam sistem , terutama ketika ada sensing untuk ground current fault dan sebagainya itu bisa membuat menjadi salah perhitungan. Atau lebih jelasnya ketika terjadinya ground fault pada salah satu system. Jika terjadi netral yang berada di angka yang lebih tinggi, maka itu tentu bisa jadi overvoltage.

Cara Menggabung Netral PLN dan Genset yang Benar

  1. Pertama anda harus mematikan arus listrik dari PLN atau dari Genset, karena jika tidak itu sangatlah berbahaya.

  2. Di Handle Genset diketahui ada 3 bagian tempat yang bisa digunakan untuk memasang kabel, anda bisa pilih 2 bagian saja karena bagia satunya bisa dibuat untuk cadangan bila bagian salah satu mengalami kerusakan

  3. Pada bagian tengah handle, biasanya itu untuk tempat kabel yang akan membuat masuk ke instalasi rumah anda atau tempat yang anda inginkan untuk menggunakan Genset

  4. Untuk terminal yang ada di atas handle, maka anda bisa memasang kabel yang dari PLN, sementara untuk terminal bagian bawah anda bisa memasang kabel dari Genset, dimana itu anda pun bisa menggunakan secara terbalik terminal yang atas dari Genset dan yang bawah dari PLN. Perlu anda ketahui, yang terpenting semua itu harus benar-benar diperhatikan dan jangan lupa untuk mengencangkan baut-baut yang berada di terminal handle.

  5. Catat, anda jangan lupa untuk sejajarkan kabel fasa dan netral, jika anda memasang bagian tengah terminal maka anda bisa pasang posisi kabel fasa di sebelah kanan sementara netral di bagian kiri, begitu juga dengan kabel terminal untuk bagian fasa dan netral baik dari PLN maupun dari genset.


Sekian sudah artikel kami pada kesempatan kali ini, yaitu artikel yang mempertanyakan aman atau tidaknya netral PLN dan Genset yang digabung. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda, begitu juga dengan yang lainnya dengan cara anda share artikel ini kepada yang lainnya juga. Jika anda ingin memiliki Genset terbaik dan berkualitas, maka Genset Tenka adalah rekomendasi dari kami, yang mana itu bisa anda ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page