top of page

Dibalik Layar: Proses Fabrikasi Selang Industri yang Wajib Untuk Anda Ketahui



Fabrikasi merupakan sebuah proses operasional di dalam industri manufaktur yang membuat barang dari bahan baku atau bahan setengah jadi. Contoh yang paling umum dan mudah untuk Anda mengerti adalah baja, dimana baja akan melalui proses fabrikasi terlebih dahulu sebelum menjadi alat dengan fungsi baru seperti menjadi rangka baja. Ini juga sama dengan selang, yakni akan melalui beberapa proses barulah setelah itu menjadi selang siap pakai.


Nah tentunya untuk mewujudkan tujuan pembentukan selang yang sesuai dengan standar desain, maka bahan baku akan terlebih dahulu melalui proses fabrikasi. Jadi secara sederhana, fabrikasi adalah proses pengolahan komponen material baku atau setengah jadi yang dirangkai, dibentuk, dan dimanipulasi untuk bisa menghasilkan selang. Adapun itu dilakukan difabrikasi dengan proses yang memang jarang diketahui banyak orang.

Inilah Proses Fabrikasi Selang Industri yang Wajib Untuk Anda Semua Ketahui

Sebuah selang, baik itu selang biasa atau industri yang memang berguna, tentunya akan ada proses sebelumnya yang bisa menjadikan sebuah selang siap pakai. Nah proses tersebut umum dilakukan di pabrik atau fabrikasi selang yang memang dilakukan oleh orang-orang ahli serta dengan alat-alat mesin, ditambah dengan beberapa proses bertahap yang kemudian dapat dihasilkan selang yang diinginkan.


Nah proses fabrikasi selang industri yang prosesnya dapat menjadikan sebuah selang akan dilakukan di banyak tempat yang memang memiliki peralatan untuk membuat selang serta memiliki bahan pembuat selang. Secara umum itu bisa ditemukan di banyak pabrik pembuat selang atau fabrikasi selang yang memang jarang diketahui banyak orang. Adapun proses yang bisa Anda ketahui mengenai proses fabrikasi selang untuk membuat selang industri, antara lain adalah:


  • Mengaduk bahan atau mencampur bahan yang akan nantinya dibuat menjadi selang industri. Nah bahan yang dimaksud sendiri adalah beragam, tergantung bagaimana jenis selang industri yang hendak dibuat. Bisa bahan plastik, karet, atau lainnya yang memang beragam adanya.

  • Lalu beberapa pembuat selang lain akan melibatkan campuran lagi warna dengan takaran berbeda yang memang akan berguna membuat selang industri memiliki warna yang diinginkan. Biasanya warna memang akan disesuaikan dengan jenis selang yang memang sudah umum dikenal dengan warna tertentu.

  • Selanjutnya ada juga campuran bahan lunak yang kemudian dicampurkan dengan takaran tertentu sesuai jenis selang itu sendiri. Kemudian setelah itu, ada lagi bahan perekat atau bahan keras yang juga juga akan dicampurkan agar selang dapat terbentuk sebagaimana adanya dengan karakteristiknya sendiri.

  • Nah semua bahan tersebut akan diaduk dengan mesin pengaduk khusus dengan waktu yang harus sesuai. Ini agar dapat menghasilkan karakteristik selang yang hendak dibuat.

  • Untuk selanjutnya campuran adukan tersebut akan dikeluarkan yang lalu kemudian akan dimasukan ke dalam oven khusus untuk dipanaskan dengan suhu 100 derajat yang memang tinggi adanya. Proses ini akan membuat selang berbentuk seperti selang yang kita kenal selama ini.

  • Lalu setelah berhasil dipanaskan dan menjadi selang yang dibentuk, maka selang yang sudah jadi didinginkan dengan air dalam kurun waktu tertentu.

  • Barulah setelah selang sia pakai atau selang siap dikirim ke tempat tujuannya.


Jadi itulah proses fabrikasi selang industri yang memang wajib untuk Anda ketahui. Semoga bermanfaat bagi Anda dan juga kepada semuanya. Untuk selang yang memang terbaik dan berkualitas, kami rekomendasikan selang dari Toyox. Anda bisa mendapatkannya atau mengetahui lebih lanjut terkait selang Toyox, dengan mengunjungi di IndahJaya.com


Comments


bottom of page