Fungsi Utama Rem Cengkeraman dalam Crane dan Cara Menjaganya Agar Awet



Dalam metode putaran, tentunya saat berputar dan ingin berhenti maka dibutuhkan penyesuaian, itu karena putaran tidak akan langsung diberhentikan apalagi dengan tangan kosong. Contohnya seperti putaran roda di setiap kendaraan, dimana putaran pada roda membutuhkan rem cengkeraman atau bisa dibilang cakram, yang mana itu berfungsi untuk memperlambat laju putar atau bahkan memberhentikannya.


Layaknya kendaraan dengan roda, pada metode Crane pun juga begitu, dimana Crane juga membutuhkan rem dalam pengoperasiannya. Nah tentunya untuk semakin mengenal tentang rem pada Crane, maka anda bisa simak artikel pada kesempatan kali ini. Selain anda bisa tahu fungsi utama Crane, di artikel ini juga anda akan tahu juga bagaimana cara merawat rem pada Crane agar semakin awet. Oleh karena itu, yuk simak selengkapnya!

Fungsi Utama Rem Cengkeraman Crane yang Wajib Anda Ketahui dan Pelajari Semuanya

Layaknya rem pada kendaraan, rem di Crane juga kurang lebih memiliki fungsi yang sama, tetapi dengan beberapa perbedaan dan fungsi utamanya. Dan agar semakin jelas, maka silahkan anda simak fungsi rem pada Crane yang ada di bawah ini!

  • Memperlambat laju derek pada Crane atau menyerap energi potensial gerak, yang mana itu bisa menyebabkan objek menurunkan batas kecepatan, sehingga tarikan tidak akan terlalu cepat atau terlalu lambat. Dan tentunya itu berguna agar objek yang diderek tidak menghantam sudut dari batas Crane, karena terlalu cepat bisa membuat objek melayang.

  • Dengan rem cengkeraman, maka anda bisa mengerem juga kerekan listrik dengan derek dari segala ukuran. Tetapi sayangnya perlu diingat, itu tidak bisa pada mekanisme Crane troli.

  • Memberhentikan laju pada derek Crane, dimana tentunya itu sama dengan prinsip rem cakram pada kendaraan pada umumnya, yaitu derek putar tidak berjalan atau berhenti sesuai dengan tempat yang diinginkan.

  • Paling utama dari rem pada Crane, yaitu membuat Crane layak untuk digunakan dan sesuai dengan safety keamanan tempat kerja. Sehingga para pekerja ataupun user Crane yakin dan aman dalam menggunakannya, alias tanpa takut sama sekali karena tahu bahwa Crane sudah memiliki rem cengkeraman.

Cara Menjaga atau Merawat Rem Cengkeraman Crane Agar Semakin Awet

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda tiru dalam menjaga ataupun merawat rem pada Crane, dimana tentunya bertujuan agar rem Crane semakin awet begitu juga dengan Crane itu sendiri. Dan berikut adalah cara-caranya:

  • Mengatur pegas torsi yang dapat dikontrol dalam kisaran torsi pengenal, sehingga nantinya fungsi rem bisa sesuai dengan pengoperasiannya. Anda bisa mencoba mengujinya, dengan metode pengujian yang gunakan kunci pegas roda gigi 12 inci yang terpasang pada baut kopling kopling roda belakang yang terpasang, lalu putar roda rem dengan putaran roda kekuatan kecil.

  • Pada komponen rem dual drive atau penyesuaian rem empat drive, itu pun harus menyesuaikan keadaan yang sama dan jangan sampai berbeda.

  • Gunakan tali seri standar crane brake power untuk rem blok hidrolik, rem blok elektromagnetik, rem cakram, rem band, dan rem sebagainya.

  • Jangan Crane digunakan untuk mengangkat logam panas atau barang berbahaya lainnya, itu karena bisa menyebabkan bahaya terutama berimbas pada rem. Jadi pastikan anda mengkondisikan pemakaiannya.

  • Periksa bagian-bagian pada rem, seperti di engsel, hidrolik, hingga keausan pada roda dan sabuk rem Crane.

  • Menyesuaikan torsi, spasi, dan sebagainya pada kinerja rem. Apabila ditemukan yang janggal, segera perbaiki karena jika terlalu lama maka kerusakan akan bisa menyebar.

Itulah beberapa cara yang bisa anda tiru untuk merawat Crane dan juga remnya agar semakin awet. Nah tentunya mengetahui beberapa pembahasan diatas, pastinya akan membuat anda semakin tertarik untuk memiliki Crane. Dan jika anda tertarik dengan Crane atau sekedar ingin mengganti Crane, maka kami rekomendasikan Elephant Hoist and Crane, dimana produk tersebut bisa anda ketahui lengkapnya di IndahJaya.com


Sekian artikel bermanfaat pada kali ini, semoga bisa menjadi manfaat baik untuk anda terutama untuk menambah wawasan anda tentang rem pada Crane. Anda boleh share artikel ini, karena dengan share artikel ini maka anda secara tidak langsung sudah membantu yang lain untuk mengetahui tentang rem pada Crane.