top of page

Resiko Bahan Bakar Bocor di Genset yang Harus Diwaspadai dengan Seksama



Genset adalah alat atau mesin yang berguna sebagai pembangkit listrik cadangan, yang mana Genset sendiri kini menjadi salah satu alat wajib yang harus ada pada beberapa sektor. Nah tentunya karena ia adalah mesin alternatif yang dapat menjadi pembangkit listrik cadangan, maka jelas ia tidak mengandalkan listrik untuk menyalakan atau mengoperasikannya, karena jika ia juga menggunakan listrik maka tentu sia-sia Genset itu dibuat.


Genset dapat digunakan atau dioperasikan sebagai pembangkit listrik cadangan, itu karena ia tidak mengandalkan tenaga listrik untuk beroperasi, melainkan ia membutuhkan bahan bakar yang dimana itu sama dengan beberapa mesin yang ada. Bahan bakar pada Genset tentunya tidak boleh sampai bocor, karena jika memang demikian maka akan ada beberapa masalah serius yang bisa ditimbulkan. Nah masalah atau resiko tersebut, tentunya bisa anda ketahui di artikel ini!


Inilah Beberapa Resiko Jika Genset Mengalami Kebocoran Bahan Bakar

Sebagai salah satu sumber tenaga, tentu saja keberadaan Genset tidak boleh disepelekan. Nah terjadinya masalah kebocoran pada Genset seringkali tidak terprediksi oleh penggunanya, seperti kebocoran oli, air radiator, hingga kebocoran bahan bakar. Tentunya kebocoran bahan bakar pada Genset akan berakibat adanya banyak kerugian yang akan dihadapi oleh anda, baik pribadi maupun perusahaan. Oleh karena itu agar anda menghindari adanya kebocoran bahan bakar pada Genset, maka simak resiko yang akan terjadi jika Genset mengalami kebocoran bahan bakar berikut ini:


  • Bahan bakar adalah cairan yang dapat berguna untuk Genset, dimana itu bisa mengubahnya menjadi suatu energi. Namun tentunya, bahan bakar juga dapat memicu api, itu karena bahan bakar yang digunakan oleh Genset adalah cairan bensin.

  • Tentunya bahan bakar Genset yang bocor dapat memicu kebakaran pada Genset, karena bensin dapat memicu api. Pastinya kebakaran pada Genset sangat beresiko bagi Genset itu, itu karena Genset yang terbakar akan membuat banyak komponen Genset rusak karena api.

  • Nah berlanjut pada kebakaran dari Genset, tentunya api yang membakar Genset dapat menjalar ke tempat atau objek lain, apalagi jika itu mudah terbakar. Sehingga dengan begitu maka api bisa membuat kebakaran besar, yang mana berbahaya bagi pengguna Genset dan sekitarnya.

  • Kebakaran karena adanya kebocoran bahan bakar pada Genset dan sekitar, tentunya bisa memberikan nilai kerugian yang fantastis, mulai dari Genset yang rusak dan harus diganti, hingga kerugian barang-barang lain yang ikut terbakar pada sekitar Genset.

  • Bahan bakar Genset yang bocor tentunya memang ada kemungkinan tidak menimbulkan api, tetapi itu tetap jangan dianggap sepele. Namun Genset yang dibiarkan bocor bahan bakar, tentunya dapat membuat Genset sangat boros dalam mengkonsumsi bahan bakar, sehingga itu bisa membuat kerugian bagi yang memakainya.


Jadi itulah beberapa resiko yang kemungkinan besar akan anda alami jika Genset mengalami kebocoran bahan bakar. Namun apa yang bisa menyebabkan itu terjadi? Untuk mewaspadai agar tidak terjadi kebocoran bahan bakar Genset, maka anda harus tahu penyebab bahan bakar Genset bisa bocor.

Penyebab Genset Mengalami Kebocoran Bahan Bakar

  • Jarang melakukan perawatan pada Genset.

  • Adanya korosi atau karat pada tangki bahan bakar, yang dikarenakan sering dalam keadaan kosong.

  • Terjadinya kebocoran selang akibat pelumasan yang tidak maksimal.

  • Adanya benturan yang menyebabkan kerusakan pada fisik Genset, terutama pada bagian bahan bakar.

  • Melakukan penggantian sparepart yang tidak sesuai prosedur.

  • Penggunaan Genset yang tidak sesuai standar.


Itulah resiko dan juga penyebab dari adanya kebocoran pada mesin Genset. Semoga bermanfaat untuk semuanya dan juga bisa berguna untuk membuat user Genset waspada akan hal tersebut. Sekian dari kami, jika anda tertarik dengan Genset, maka pilihlah yang terbaik dan berkualitas seperti pada merk Tenka. Mengenai Genset Tenka, anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


Comments


bottom of page