Sebelum Beli Alat Berat Crane, Kenali Tipe Crane Berikut


Sebelum Beli Alat Berat Crane, Kenali Tipe Crane Berikut

Alat berat crane selalu digunakan dalam hal pengerjaan konstruksi atau pemindahan benda – benda berat. Alat ini memungkinkan beban yang berat bisa dipindahkan dengan mudah, tanpa perlu menggunakan tenaga manusia.


Tenaga manusia tentu memiliki batas, dan jika semua benda harus diangkut menggunakan tenaga manusia, waktu yang dibutuhkan pasti banyak. Selain itu hasilnya juga belum tentu maksimal. Oleh sebab itu, kehadiran alat berat sangat memudahkan beragam kegiatan konstruksi.


Crane merupakan alat berat yang mudah dioperasikan serta dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Crane juga memiliki kemampuan berputar dan bergerak, yang membuatnya selalu efektif digunakan dalam bidang industri atau pelabuhan.


Tipe Alat Berat Crane Beserta Kelebihannya


Penggunaan crane semakin jamak dilakukan terutama dalam hal mengangkut benda berat, seperti besi, baja, dan sejenisnya. Jika Anda sedang mencari crane, sebaiknya kenali tipe beserta kelebihannya terlebih dahulu, agar crane yang dibeli tepat secara fungsi.


Mobile Crane


Mobile crane kerap ditemui di jalan raya, karena crane ini memang memiliki bentuk yang menyatu dengan mobil truk. Alat berat crane ini memiliki kelebihan dalam movementnya. Mobile Crane ini dirancang agar mudah dibawa ke mana saja.


Pada bagian truck, ditambahkan kaki, yang berfungsi sebagai tiang atau pondasi ketika crane dioperasikan. Tiang tersebut membuat crane jadi seimbang, sehingga ketika mengangkat beban berat, truck tidak ikut terangkat. Mobile crane ini sering dimanfaatkan dalam membangun tol atau gedung tinggi.


Tower Crane


Tower crane juga menjadi salah satu alat berat crane yang sering dijumpai. Disebut tower crane karena bentuknya menjulang ke atas dan kerap digunakan untuk menyelesaikan proyek konstruksi. Tower crane ini bisa dibongkar pasang.


Setelah dibongkar, crane ini bisa disimpan dalam bentuk yang lebih kecil. Jadi ketika ada proyek konstruksi, baru tower ini dipasang kembali. Kelebihan ini membuat tower crane dapat juga dibawa setiap lokasi konstruksi.


Hoist Crane


Ada juga hoist crane yang kerap ditemui di tempat industri dan juga tempat konstruksi. Hoist ini merupakan alat berat crane yang bekerja pada rel khusus. Biasanya ditempatkan di langit – langit, agar dapat memindahkan satu barang ke tempat yang lain.


Hoist crane biasanya dipasang secara permanen, dan tidak dipindah – pindahkan seperti crane lain. Ada juga memang dibuat jenis hoist khusus yang dapat dipindah – pindahkan, tetapi kebanyakan yang digunakan adalah hoist yang permanen.


Jib Crane


Jib crane sendiri bentuknya cukup mirip dengan hoist crane, hanya saja ukurannya biasanya lebih kecil. karena fungsi utama jib crane ini untuk dimanfaatkan mengangkut beban yang lebih ringan. Biasanya alat berat crane ini dipakai di gudang skala kecil.


Kebanyakan jib crane yang digunakan saat ini menggunakan tenaga utama listrik. Pada tiang crane tersebut, terdapat fitur stasiun yang menjadi pusat kontrolnya. Beberapa jenis jib crane ada juga yang mampu mengangkut beban hingga 1 ton.


Crawler Crane


Tipe yang terakhir adalah crawler crane. Crawler ini kebanyakan dimanfaatkan sebagai pengangkut pada lokasi proyek yang jangkauannya dekat. Ciri khas dari crawler ini adalah menggunakan roda rantai seperti buldoser.


Roda ini memungkinkan crawler crane tersebut dapat dioperasikan di berbagai medan, serta mudah digerakkan. Crawler dapat berputar 360 derajat, oleh sebab itu, fungsinya sangat bermanfaat untuk berbagai pekerjaan konstruksi.


Crane merupakan alat berat yang selalu dibutuhkan, karena dapat mempercepat pekerjaan dan membuat hasilnya lebih bagus. Ketika Anda membeli crane, lebih baik kenali tipe serta kelebihan dari alat berat crane tersebut, agar pekerjaan Anda semakin efektif.