top of page

Informasi Lengkap Tentang Selang EPDM: Solusi Tahan Lama untuk Aplikasi Air dan Uap


Dengan peranannya yang cukup penting dan tidak kalah dari pompa, selang memang diharapkan menjadi alat terbaik dalam mengalirkan fluida yang tersalur. Fluida yang bisa disalurkan pun membuat selang kini tersedia dalam bermacam-macam jenis berbeda yang bisa disesuaikan dengan berbagai kebutuhannya. Mulai dari selang dengan bobot yang ringan dan mudah digenggam, berbentuk datar, bisa melingkar secara otomatis, dan banyak lagi lainnya.


Nah berbagai jenis selang yang ada harus sesuai dengan penggunaan serta aplikasinya, ini seperti selang yang dikhususkan untuk air, pasir, lumpur, bubuk, bahkan untuk angin serta uap sekalipun. Adapun selang yang jarang diketahui, itu adalah selang bernama EPDM yang digadang-gadang sebagai solusi terbaik dan tahan lama untuk aplikasi air dan uap. Mengapa demikian? Untuk informasi lengkapnya Anda bisa simak artikel ini selengkapnya!

Informasi Lengkap Tentang Selang EPDM yang Menjadi Solusi Aplikasi Air dan Uap

Mengenal Apa itu Selang EPDM?

Apa itu selang dengan nama EPDM? Nah selang EPDM adalah selang yang terbuat dari karet Ethylene Propylene Diene Methyl Rubber atau disingkat sebagai EPDM. Selang ini sendiri adalah gabungan antara canvas (luar) dan rubber (dalam) dengan menyesuaikan ketebalan yang masih bisa ditoleransi agar selang dapat tetap bekerja secara maksimal dan mudah dalam penggunaan di lapangan.


Adapun membran EPDM sendiri merupakan membran berbahan karet Kelas M menurut standar D-1418 ASTM; kelas M terdiri atas elastomer yang memiliki rantai jenuh jenis polietilena (huruf M berasal dari polimetilena, istilah yang lebih tepat). Ciri jelasnya dari EPDM sendiri memiliki fleksibilitas lebih dari selang berlapis poliuretan. Hal itu memungkinkan selang tersebut untuk selalu mempertahankan fleksibilitas bahkan setelah penggunaan lanjut.

Keunggulan dari Selang EPDM yang Perlu Anda Ketahui

Untuk semakin mengenal selang EPDM yang bisa menjadi solusi terbaik untuk tahan lama pada aplikasi air dan uap. Maka Anda harus mengetahui keunggulan yang ditawarkan selang EPDM tersebut. Nah keunggulan dari selang EPDM yang perlu Anda ketahui semuanya, antara lain adalah sebagai berikut:


  • Dapat bertahan lama untuk aplikasi kerja air dan uap. Ini karena membran EPDM mempunyai karet dengan tulang punggung polimer jenuh, sehingga itu akan jauh lebih tahan panas, cahaya, dan ozon. Ini lebih baik daripada karet tidak jenuh seperti karet alami, SBR, atau policloropreno (Neoprena).

  • Faktanya memang benar jika selang EPDM menjadi solusi terbaik untuk bekerja tahan lama. Hal ini karena EPDM dapat diformulasikan agar tahan suhu hingga 150°C. Kemudian jika diformulasikan dengan baik, EDPM dapat berada di luar ruangan selama bertahun-tahun atau puluhan tahun tanpa rusak.

  • Selang dengan karet ini juga merupakan insulator listrik. Sebagai elastomer yang tahan lama, EPDM itu kedap, dapat menyesuaikan bentuk (conformable), dan insulator yang baik.

  • EPDM memiliki kekuatan tarik yang cukup baik, hal ini didukung dengan sifatnya yang lentur. Sehingga dengan begitu, maka bahan tersebut dirasa tidak cocok untuk komponen kaku hingga pekerjaan kasar.

  • Selang EPDM yang cenderung lebih ringan daripada full rubber, membuat kelenturan saat penggunaannya juga lebih terjaga dengan baik, terutama aplikasi air dan uap. Jadi tidak heran adanya bila selang EPDM menjadi selang pemadam yang banyak digunakan untuk pabrik industri.


Itulah informasi lengkap dari kami mengenai selang EPDM yang menjadi solusi terbaik untuk tahan lama bagi aplikasi air dan uap. Kiranya jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada semuanya. Untuk selang yang memang bisa diandalkan, maka yang terbaik dan berkualitas untuk Anda adalah selang Toyox. Anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut terkait selang dari Toyox.


bottom of page