Serba Serbi Selang Kompresor yang Perlu Anda Ketahui


Serba Serbi Selang Kompresor yang Perlu Anda Ketahui

Jika Anda pernah pergi ke bengkel atau tukang tambal ban pasti sudah tidak asing dengan selang kompresor. Ini merupakan salah satu peralatan yang sangat penting karena memiliki berbagai fungsi vital khususnya untuk meningkatkan tekanan udara.


Kompresor merupakan alat mekanik yang berfungsi untuk membantu meningkatkan tekanan fluida mampu mampat, baik gas atau udara. Untuk bisa menghasilkan udara bertekanan tinggi tersebut, alat ini akan menghisap dan memampat udara selanjutnya disimpan dalam tabung untuk disuplai kepada pemakai.


Kompresor memiliki beberapa komponen atau aksesoris untuk menunjang cara kerjanya, salah satunya adalah selang kompresor. Bagian ini menjadi salah satu komponen penting dalam alat kompresor karena menjadi penghubung antara udara yang ada di tangki kompresor dengan obsej yang dipasangkan pada selang tersebut.


Untuk lebih jelas tentang apa itu selang pada kompresor hingga apa saja fungsinya. Berikut ulasan lengkapnya :


Pengertian dan Fungsi Selang Kompresor


Salah satu komponen utama pada kompresor adalah selang. Komponen ini berfungsi untuk menghubungkan udara yang ada di dalam tangki atau tabung kompresor dengan objek yang membutuhkan selang tersebut.


Selang pada kompresor biasanya digunakan atau dihubungkan dengan ban dan power tools lainnya yang membutuhkan tekanan udara tinggi. Besarnya tekanan udara yang keluar dari selang kompresor juga bisa Anda atur sesuai dengan kebutuhan.


Secara umum, selang untuk kompresor menggunakan bahan yang berbeda dengan selang air atau selang biasanya. Ada dua jenis bahan yang paling populer digunakan untuk selang pada kompresor yaitu campuran karet dan nilon dan bahan campuran PVC dan Poliuretan.


Karet dan nilon merupakan salah satu bahan yang paling umum digunakan untuk kebutuhan selang pada kompresor. Tidak hanya itu, karet dan nilon juga menjadi salah satu bahan paling populer yang digunakan untuk pembuatan berbagai jenis selang di Indonesia.


Meskipun tidak sepopuler bahan karet dan nilon, selang kompresor juga banyak yang terbuat dari bahan campuran PVC dan poliuretan. Bahan ini biasanya lebih kokoh dan keras akan tetapi memiliki harga yang cukup mahal.


Dengan berbagai pilihan bahan yang tersedia, Anda bisa memilih jenis selang untuk kompresor yang sesuai kebutuhan. Jadi sebelum membeli pastikan tentukan dulu apa tujuan penggunaan selang tersebut sehingga bisa memilih yang terbaik dengan tepat.


Jenis Selang Kompresor yang Perlu Diketahui


Selang menjadi bagian penting pada kompresor yang menghubungkan udara dari dalam tangki kompresor dengan objek seperti ban ataupun power tool. Saat ini ada beberapa jenis selang untuk kompresor yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.


Setidaknya ada dua jenis selang untuk kompresor yang bisa Anda pilih. Jenis pertama adalah selang lurus. Seperti namanya, selang ini memiliki bentuk lurus memanjang. Akan tetapi jika ingin menyimpan, Anda cukup menggulungnya saja.


Selang kompresor jenis ini biasanya digunakan untuk isi angin kendaraan. Tidak hanya itu, model ini juga bisa digunakan untuk mempermudah pemasangan pada power tools.


Jenis yang kedua adalah selang spiral. Jenis ini memiliki bentuk spiral sehingga lebih rapi, fleksibel dan mudah disimpan. Selang jenis ini juga bisa dipanjangkan dengan cukup menariknya saja sesuai kebutuhan. Selang spiral biasanya digunakan untuk pengecatan, cuci steam hingga dipasangkan dengan power tool kendaraan.


Kompresor merupakan salah satu alat yang sangat berguna khususnya untuk bengkel. Maka dari itu, komponennya juga harus dipastikan menggunakan yang terbaik termasuk selang kompresor harus memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda agar bisa berfungsi maksimal.