top of page

Set Perkakas Listrik: Fungsi dan Kegunaannya dalam Perbaikan dan Pengerjaan



Di era zaman modern saat ini, banyak survey yang memuat bahwa kini semua alat-alat yang digunakan berubah menjadi alat elektronik yang juga modern. Tentu dalam mengoperasikannya itu, alat-alat elektronik tersebut membutuhkan listrik dalam penggunaannya. Sehingga dengan begitu, maka kebutuhan sehari-hari pekerjaan kini sangat bergantung pada listrik, yang mana pastinya menyebabkan persoalan listrik di dalam hunian perlu diperhatikan dengan cermat.


Kesalahan dalam persoalan listrik dapat berisiko pada konsleting listrik, yang tentu itu akan berujung pada petaka. Oleh karena itu, sangat perlu untuk mengetahui cara instalasi listrik yang benar, begitu juga perlu mempunyai set perkakas listrik yang juga tepat adanya. Set perkakas listrik yang dimaksud jelas adalah perkakas yang berfungsi serta berguna dalam perbaikan dan pengerjaan, atau apapun yang berkaitan dengan kelistrikan.


Set Perkakas Listrik dengan Fungsi dan Kegunaannya dalam Perbaikan dan Pengerjaan


Set Tang

Dalam pengerjaan perbaikan atau segalanya yang berkaitan dengan kelistrikan, maka tang diperlukan perannya. Tang yang dibutuhkan bisa dalam bentuk satu set, karena tang beguna untuk menjepit atau meraih tempat yang sulit dijangkau oleh tangan kosong. Selain itu tang penting dalam pengerjaan atau perbaikan suatu instalasi listrik, itu karena tang dapat dipergunakan untuk memotong kabel, begitu tembaga dalam kabel yang ada dalam kelistrikan.


Set Obeng

Obeng adalah perkakas umum yang bisa digunakan untuk mengencangkan atau mengendorkan baut ataupun mur. Nah karena memang biasanya dalam proses pengerjaan atau perbaikan sistem kelistrikan berkaitan dengan baut atau mur, maka obeng dalam satu set penting harus dipersiapkan. Set obeng penting, karena kita tidak akan tahu ukuran baut atau mur apa yang sesuai dengan obeng, sehingga dengan begitu ada baiknya lebih mengandalkan set obeng lengkap dalam proses pengerjaan atau perbaikan kelistrikan.


Solder Listrik

Solder listrik itu merupakan alat pemanas yang memang bisa digunakan untuk menyambungkan sebuah rangkaian atau komponen pada peralatan kelistrikan seperti beberapa perangkat elektronik. Dengan keterampilan dasar yang sangat diperlukan dalam merakit atau memperbaiki perangkat elektronik di atas biasa disebut teknik menyolder. Jadi fungsi serta kegunaannya tersebut memang berperan penting dalam pengerjaan kelistrikan.


Selotip

Jika proses pengerjaan dalam pelepasan atau perbaikan kelistrikan berkaitan dengan putusnya kabel, maka untuk menyambung itu Anda tidak bisa mengandalkan lem basah. Anda tentu membutuhkan selotip agar sambungan kabel yang putus dan sudah diperbaiki bisa untuk tersambung dengan benar. Hal ini penting, karena jika sambungan kabel listrik tidak diselotip, maka kabel pun akan putus atau copot kembali, yang mana itu sangat membahayakan.


Mesin Bor

Perkakas yang juga perlu ada dalam daftar set perkakas listrik adalah mesin bor. Dengan adanya mesin bor, maka penggunaannya bisa digunakan untuk untuk melubangi kayu, tembok maupun pelat logam yang dibutuhkan pada instalasi sistem kelistrikan. Tidak hanya untuk membuat lubang, bor juga bisa digunakan untuk mengencangkan baut maupun melepas baut karena dilengkapi 2 putaran, yaitu putaran ke kanan dan kiri.


Palu

Untuk palu yang dibutuhkan dalam perbaikan atau pengerjaan kelistrikan, sebenarnya beragam, bisa palu karet, palu konde, dan sebagainya. Nah adanya palu memang penting dalam pengerjaan tersebut, baik berguna mencongkel paku yang tertanam, atau memberikan tumbukan bagi proses yang dibutuhkan pada pengerjaan tersebut.


Kuas

Bukan hanya bisa digunakan untuk mengecat saja, kuas dengan ukuran kecil sebenarnya berguna untuk proses perbaikan dan pengerjaan kelistrikan. Gunanya bisa Anda andalkan untuk membersihkan debu yang tertempel pada beberapa komponen kelistrikan, sehingga dengan begitu komponen listrik bisa bersih atau dapat dengan jelas mampu untuk diidentifikasi masalahnya jika ada kotoran yang menempel.


Itulah set perkakas listrik, baik itu fungsi serta kegunaannya yang berguna dalam perbaikan dan pengerjaan kelistrikan. Sekian dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda semua. Set perkakas listrik atau perkakas lainnya, yang terbaik dan berkualitas seperti Tenka bisa Anda dapatkan serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Commenti


bottom of page