top of page

Tahapan Service Genset oleh Mekanik dan Masalah Apa Saja yang Terjadi



Perawatan tentu sangat dibutuhkan bagi tubuh makhluk hidup, karena jika tubuh tidak dirawat maka bisa berpotensi terkena penyakit, dan itu bisa juga berdampak semakin buruk. Tidak hanya tubuh manusia ataupun tubuh makhluk hidup lain, mesin ternyata juga perlu dirawat atau di maintenance secara berkala. Tujuannya agar mesin bisa beroperasi lebih baik, dan jelas tidak gampang rusak.


Salah satu benda atau mesin yang harus rutin dirawat dan di service adalah Genset. Dimana pada saat ini, Genset sudah bisa di service dengan beberapa cara dan tahapan yang benar. Nah bagi anda yang jarang service atau tidak pernah service Genset, maka artikel yang membahas tahapan service Genset dan masalah yang sering terjadi pada Genset ini, wajib kalian simak selengkapnya!


Tahapan Service Genset Oleh Mekanik yang Perlu Anda Pelajari

Genset memiliki 2 jenis tipe yang berbeda, pertama ada Genset bensin lalu yang kedua ada Genset solar, kurang lebih sama dengan kendaraan. Namun walau ada bahan bakar bensin dan solar, sebenarnya tahapan service Genset kurang lebih sama dan tidak berbeda. Dan berikut ini, kami akan jelaskan tahapan service Genset oleh mekanik, yang mana bisa anda tiru dan lakukan pada Genset milik anda.


Tutorial Cara Service Genset Oleh Mekanik:

  1. Pastikan lakukan ketika Genset dalam keadaan mati. Nah jika sudah maka anda bukalah filter udara dan bersihkan saringan Genset-nya terlebih dahulu. Mengapa saringan udara terlebih dahulu? Karena filter udara yang mampet bisa mengakibatkan mesin Genset berbunyi tersendat-sendat, itu karena asupan udara ke ruang pembakaran menjadi kurang lancar.

  2. Berikutnya anda bersihkan karburator secara berkala pada mesin Genset bensin, karena pada Genset bensin, kebersihan karburator sangat mempengaruhi kinerja dan tenaga mesin Genset bahan bakar bensin.

  3. Selanjutnya pada kompresi mesin, caranya yaitu menarik recoil starter. Jika masih ada tekanan, maka berarti kompresi masih bagus, tetapi jika sebaliknya maka tekanan sedang lemah. Untuk mengobati itu maka bongkarlah silinder head, lalu kemudian bersihkan kerak yang menempel, dan segeralah lakukan penyekiran agar tidak terjadi kebocoran kompresi.

  4. Untuk Genset jenis bensin, pastikan anda cek kondisi busi dengan melepas busi dan melihat ujungnya. Apabila terlihat busi berkerak, maka bersihkan dengan amplas sampai bersih.

  5. Untuk genset solar, anda bisa cek performa bospom dan nozzle. Yaitu dengan memastikan kedua komponen tersebut mampu mengabutkan solar dengan baik.

  6. Lalu pastikan anda selalu cek oli mesin Genset. Ketika terlihat oli sudah pekat dan berkurang, maka segeralah anda ganti oli yang baru.

  7. Pastikan juga anda periksa seluruh panel pada Genset apakah itu berfungsi baik atau tidak? Seperti periksas pada saklar power, indikator oli, switch breaker, hingga steker listrik, dan layar frekuensi tegangan.

  8. Bagi anda yang menggunakan Genset dengan menggunakan elektrik starter, maka jangan lupa cek kondisi aki. Jika aki sudah soak, maka anda bisa mengakalinya dengan setruman, tetapi cobalah sebisa mungkin anda ganti dengan aki yang baru saja.

Inilah Beberapa Masalah yang Sering Terjadi Pada Genset

Selain mengetahui bagaimana cara service Genset oleh mekanik, tentunya anda juga perlu mengetahui masalah-masalah yang sering terjadi pada Genset. Tujuannya agar masalah bisa terhindarkan dan tidak terjadi lagi pada Genset anda. Dan berikut adalah beberapa masalah yang sering terjadi pada Genset:


  • Genset tidak bisa di starter, dimana kemungkinan besarnya karena aki Genset sudah melemah dan tidak bisa berfungsi lagi karena kerusakan.

  • Selain Genset tidak bisa nyala karena aki, Genset yang tidak bisa menyala bisa juga disebabkan karena kabel tidak tersambung secara benar, bisa karena posisi yang berubah atau alasan lainnya.

  • Genset tiba-tiba mati sendiri padahal semuanya normal. Dan biasanya Genset yang mati sendiri bukan karena Genset tersebut rusak, melainkan bisa juga Genset kemasukan air pada bagian tangki bahan bakar. Cara mengatasinya, kalian buang saja air yang ada pada tangki bahan bakar, alias kuras!

  • Ketika kondisi plunger pompa sedang aus, maka itu akan memicu Genset kehilangan daya mesin. Biasanya itu terjadi karena terlalu lama memakainya atau sering digunakan. Untuk mengatasi masalah tersebut, kalian bisa mengganti plunger pompa ataupun dengan cara penyetelan ulang.

Jadi itulah tahapan service Genset oleh mekanik, dan juga masalah yang sering terjadi pada Genset. Tentunya Genset yang cepat rusak, bisa diakibatkan karena pemilihan Genset yang salah, dan maka dari itu anda jangan sampai salah memilih Genset. Nah bagi anda yang mau cari Genset terpercaya dan berkualitas tinggi, maka anda bisa memilih Genset Tenka, dimana bisa anda temui detail dan keterangan lengkapnya di IndahJaya.com

bottom of page