top of page

Langkah-langkah Teknik Pemasangan Hoist dengan Benar dan Aman


Industri adalah proses pembuatan barang mentah menjadi barang jadi atau barang setengah jadi, yang mana itu diperlukan bahan baku dalam proses perindustrian. Industri sendiri memiliki sifat menekan biaya produksi dan memaksimalkan biaya nilai harga jual. Nah hadirnya industri pun kadang bisa menuai suatu pro dan kontra, tapi disamping itu industri juga bisa membawa manfaat yang sangat menguntungkan bagi masyarakat.


Dampak buruk dari adanya industri adalah pencemaran lingkungan, tapi dibalik itu ada juga manfaatnya, seperti penyediaan kebutuhan, tersedianya lapangan pekerjaan, dan sebagainya. Tentunya dalam proses yang ada di industri akan membutuhkan alat kerja, seperti alat kerja yang dibutuhkan untuk mengangkat beban dan memindahkannya, dimana itu adalah hoist. Sebuah hoist bisa digunakan, itu karena adanya pemasangan yang benar serta aman.

Inilah Langkah-Langkah Teknik Pemasangan Hoist dengan Benar dan Aman

Indonesia merupakan negara yang kaya akan jenis sumber daya alam dan mineral, sehingga kekayaan alam ini membuat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun perusahaan swasta dalam negeri dan luar negeri berlomba-lomba membangun industri di negara Indonesia. Adapun pembuatan industri yang baik adalah dengan mendirikan lokasi dekat dengan bahan baku.


Selain itu, pendirian lokasi industri yang dekat dengan bahan baku membuat menekan biaya produksi pengambilan bahan baku. Tentunya banyaknya industri di suatu negara merupakan indikator negara maju, maka dari itu negara berkembang seperti Indonesia memperbanyak lokasi industri agar dapat bersaing dengan negara lain. Industri dalam kegiatannya membawa banyak manfaat bagi negara, masyarakat, dan pengusaha, sehingga peranannya memang cukup penting.


Namun peranan penting industri bisa diwujudkan dengan adanya pekerjaan yang tepat, yang mana itu melibatkan alat kerja seperti hoist untuk mengangkat serta memindahkan beban yang banyak dan berat. Akan tetapi, hoist pun bisa diandalkan di suatu industri jika sebelumnya sudah dipasang, yakni dipasang dengan benar serta aman. Ini penting, karena jika tidak demikian maka hoist bisa saja tidak berfungsi, malfungsi, atau membahayakan ketika hendak digunakan. Oleh karena itu, pastikan melakukan teknik pemasangan hoist yang benar dan aman seperti berikut ini:


  1. Yang pertama Anda bisa dahulukan membaca dengan seksama petunjuk pengoperasian dan dokumen acak lainnya untuk memahami struktur produk dari hoist tersebut.

  2. Lakukan pemeriksaan apakah kotak kontrol listrik seperti pada hoist dihubungkan sesuai dengan diagram listrik, yang mana diikuti dengan memeriksa status insulasi motor pengangkat dan motor berjalan.

  3. Tentunya perangkat penyangga di kedua ujung lintasan atau i-beam harus dipasang sepenuhnya secara tepat.

  4. Lalu pemasangan harus bisa sesuai pada titik-titik pendukung i-beam yang dibangun sesuai dengan gambar serta sambungannya yang juga harus kuat;

  5. Nah sambungan i-beam harus dibangun sesuai dengan gambar, lalu flens bawah harus dipoles dan halus tanpa menghalangi roda. Itu dengan deteksi sebelum mengangkat kerekan kabel listrik:

  6. Sebelum mengangkat, periksa peredam gigi bagian pengangkat dari pengangkat kabel listrik dengan hati-hati, lalu lihat apakah minyak pelumas disuntikkan sesuai kebutuhan, dan apakah pelumas pelumas disuntikkan di bagian yang bergerak. Anda bisa hapus minyak gemuk atau karat-bukti dari tapak mobil listrik.

  7. Lakukan pemeriksaan lagi pada ujung tali kawat yang kencang dan steker terjepit. Kemudian lanjutkan dengan cek kabel tombol kontrol sudah benar, dan tali pengaman tombol tetap harus dipasang.

  8. Nah dalam peraturannya, kail harus dicat dengan cat cetak zebra kuning dan hitam, dan alat pengaman kail selesai.

  9. Kemudian tali dan gulungan kawat baja harus dipasang dengan tiga pelat pada setiap ujungnya, dan baut harus dikencangkan.

  10. Aktuator harus dirakit dengan benar, serta sesuai dan kemudian pada saklar batas naik dan turun dipasang dengan benar, yakni harus berdiri dari kerekan kabel listrik.


Itulah langkah-langkah teknik pemasangan hoist yang benar dan aman. Sekian dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda semua. Untuk hoist atau mungkin crane, maka kami rekomendasikan yang terbaik dan berkualitas dari Elephant Hoist and Crane. Mengenai Elephant Hoist and Crane, Anda bisa dapatkan itu dan ketahui lebih lengkapnya di IndahJaya.com


bottom of page