Beberapa Tipe Fitting Selang Hidrolik yang Wajib Anda Ketahui



Selang seperti selang jenis hidrolik, adalah salah satu jenis selang yang cukup berguna dan bermanfaat, terutama bagi dunia industrial. Namun meski begitu, selang hidrolik juga membutuhkan penanganan yang tepat, seperti dengan melakukan perawatan, pengoperasian yang benar, dan bahkan melakukan fitting pada selang hidrolik yang ada dan digunakan.


Melakukan fitting pun juga tidak boleh sembarang kepada selang hidrolik, karena kalau demikian malah akan menambah banyak masalah pada selang dan jalur dari selang tersebut. Nah tentunya bagi anda yang berniat ingin melakukan fitting pada selang hidrolik, maka anda perlu ketahui beberapa tipenya. Dan tipe fitting selang hidrolik bisa anda ketahui semuanya dengan menyimak artikel ini selengkapnya!

Mengenal Lebih Dekat Tentang Fitting Selang Hidrolik

Yang belum tahu, selang hidrolik itu adalah salah satu jenis selang yang terkenal sudah banyak dipakai di berbagai macam hal, seperti salah satunya yang ada di industri. Fungsi selang hidrolik pada industri sendiri yaitu mengalirkan cairan hidrolik, sehingga dengan begitu maka energinya dapat menggerakkan bagian dari alat atau mesin. Nah agar selang hidrolik dapat dipasang di sebuah alat atau mesin, maka fitting adalah salah satu hal yang tidak boleh terlupakan, dimana tentunya harus disambungkan terlebih dahulu dengan fitting selang hidrolik yang sesuai dari jalurnya.


Fitting bisa dikenal sebagai coupling ataupun adaptor, dan fitting selang hidrolik sendiri pada dasarnya merupakan sambungan yang ditaruh di kedua ujung pada selang hidrolik. Biasanya fitting selang hidrolik akan terbuat dari logam yang keras seperti stainless steel, kuningan, ataupun aluminium. Dan dengan begitu maka selang hidrolik nantinya akan mempunyai dua bagian mendasar, yaitu bagian yang disambungkan dengan selang dan bagian yang disambungkan dengan sistem hidrolik di alat atau mesin, ataupun pada bagian yang tersambung dengan selang.

Inilah Beberapa Tipe Fitting Selang Hidrolik yang Wajib Anda Ketahui

Ada berbagai jenis fitting yang biasa digunakan atau dipasangkan dengan selang hidrolik. Nah, ntuk memastikan fitting yang sesuai dipasang pada selang hidrolik, maka harus ada bentuk dan ukuran dari fitting tersebut yang harus diperhatikan. Itu karena ukuran fitting selang mempunyai banyak standard yang berbeda-beda, dimana proses pemilihan fitting sangatlah rawan pada kesalahan jika terjadi kesalahan.


Nah untuk tidak bingung lagi dalam memilih fitting yang tepat bagi selang hidrolik, maka anda perlu tahu beberapa tipe fitting yang akan kami jelaskan berikut ini:

DIN (Deutsche Industrial Norme)

Deutsche adalah Jerman, jadi sistem fitting selang hidrolik DIN ini berasal dari negara Jerman, tetapi meski begitu fitting ini juga sangat banyak digunakan di Eropa yang juga meliputi negara Indonesia.

JIS (Japanese Industrial Standard)

Tentunya akan bersangkutan dengan Jepang, dan itu memang benar karena fitting jenis ini banyak digunakan untuk disambungkan dengan alat-alat di Jepang atau Korea, dan biasanya juga mempunyai sistem ulir yang sama dengan sistem ulir BSP.

ISO 6149

ISO 6149 merupakan fitting yang memiliki sistem ukuran fitting jenis ISO 6149 dalam satuan metric (mm), dan juga menggunakan O-ring seperti pada sistem SAE Straight Thread.

SAE Straight Thread

Untuk fitting ini, ia memiliki ulir yang dapat digunakan berulang kali dan dapat diandalkan karena mempunyai sealing yang baik dengan adanya O-ring. Selain itu, fitting jenis ini banyak digunakan pada aplikasi selang hidrolik yang memiliki tekanan tinggi.

Metric Tapered Thread

Fitting ini memiliki ukuran yang paling lazim digunakan di benua Eropa, itu karena fitting ini mempunyai ukuran ulir dalam dan luar dalam satuan milimeter.

BSP (British Standard Pipe)

BSP sendiri adalah ukuran fitting standard yang telah diadopsi secara luas di kancah internasional, dan itu sudah terkecuali di AS yang mana memiliki sistem NPT yang lebih umum digunakan.

NPT (National Pipe Thread)

NPT atau National Pipe Thread, adalah fitting yang memiliki ukuran sambungan ulir yang paling banyak digunakan di Amerika Utara, termasuk juga ada di Amerika Serikat. NPT sendiri sudah menjadi standar teknis nasional AS untuk ulir sekrup yang digunakan pada pipa berulir dan alat kelengkapan pipa.


Dan itulah artikel bermanfaat untuk kalian dan yang lainnya, yaitu tentang tipe fitting selang hidrolik. Bagi anda yang memang berencana untuk mengganti selang atau memiliki selang, atau ingin memiliki alat atau komponen lain dalam dunia teknik, maka kami sarankan anda cari dan miliki di IndahJaya.com. Sekian dari kami, semoga bermanfaat dan bisa anda share menggunakan media yang ada dan tersedia.