Tips Merawat Bagian Undercarriage Crawler Crane Berikut Ini


Tips Merawat Bagian Undercarriage Crawler Crane Berikut Ini

Crawler Crane merupakan salah satu alat berat yang cukup sering menjadi pilihan para pengusaha atau perusahaan dalam pembangunan. Proyek yang menggunakan alat ini umumnya berlingkup besar.


Alat ini adalah pengangkat atau pemindah barang dan objek dengan beban berkapasitas sedang hingga berat. Inilah sebabnya alat ini masuk ke dalam sifat heavy duty.


Kemampuan menjangkaunya sekitar puluhan meter, dan dapat berputar 360 derajat. Bagi Anda yang memiliki usaha penyewaan alat berat, namun tidak mengetahui pasti cara merawatnya maka Kami memiliki beberapa tahapannya.


Bagian dan Kelebihan pada Crawler Crane


Sebelum masuk ke dalam pembahasan mengenai salah satu cara merawat crawler, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu bagian yang ada. Serta kelebihan dari alat berat ini sendiri.


Mengetahui setiap bagiannya juga dapat memudahkan Anda ketika akan melepas dan memasangnya lagi setelah melakukan pemeriksaan rutin. Berikut beberapa bagiannya :

  1. Roda Crawler, yaitu penggerak yang terbungkus oleh rantai. Bergerak dengan perputaran yang selalu berada pada trek dan tram motornya. Struktur ini juga memungkinkan crawler crane mampu melintasi segala medan.

  2. Superstructure, merupakan nama lain dari ruang kemudi operator. Serta sebuah area khusus yang menjadi poros perputaran crane.

  3. Counterweight, sebuah material yang digunakan sebagai pemberat untuk menjaga keseimbangan beban objek angkut. Sehingga ketika bergerak crawler crane dapat mempertahankan posisi stabilnya.

  4. Additional Counterweight, material tambahan untuk menjaga ekstra keseimbangan crane di saat beban angkut atau pindahnya hampir melebihi kapasitas tetapi masih dapat terangkat. (Sebagai optional)

  5. Jib, bagian pada crawler crane yang memiliki peran menambah panjang boom demi menunjang kapasitas beban angkut sesuai ketentuan.

  6. Mast, bagian yang berperan sebagai penopang atau tumpuan penyeimbang crane, seperti pulley dan pengait atau kerekan.

  7. Pulley (Katrol), seperti namanya, berfungsi sebagai penggerak serta pengatur pengait secara naik-turun dan memutar.

Kelebihan yang dimiliki crawler crane ini juga banyak, pertama mampu mengangkat material muatan sekaligus transportasi tanpa membutuhkan perangkat outrigger. Kedua, medan jalan terjal dapat dilalui secara lancar.


Ketiga, memiliki kemampuan bertahan yang baik dan tangguh terhadap cuaca ekstrim. Serta memiliki boom struktur kisi (lattice), sehingga kapasitasnya lebih besar.


Tips Merawat Bagian Undercarriage Crawler Crane Secara Tepat


Memasuki tahapan perawatan undercarriage crawler, Anda harus memastikan seluruh kondisinya tetap baik, sehingga secara rutin diperiksa secara berkala. Berikut beberapa poinnya :

  1. Perawatan harian untuk sepatu track, bisa mematuhi beberapa tips, seperti jangan membebani alat lari jauh, menghindari bergerak diatas batu apung serta dilarang mengemudi kecepatan tinggi pada belokan tajam.

  2. Perawatan haian untuk Roller Atas dapat dimulai dari mempertahankan kondisi pelumasan yang baik (Periksa dan ganti segel mengambang dengan oli).

  3. Perawatan untuk Roller Bawah, pelumasan pada bagian ini harus selalu baik, karena merupakan tumpuan derek dan angkat berat. Jika bocor segera ganti segel.

  4. Selalu menjaga kebersihan alat, serta lingkungan area tempatnya diposisikan. Sediakan ruangan bersih dan luas agar terjaga dari pergantian cuaca (Gudang).

  5. Selalu memeriksa adanya tanda keausan pada mesin alat berat. Dalam hal ini usia dari alat sendiri juga dapat mempengaruhi.

  6. Memiliki jadwal pengecekan, perwatan, perbaikan secara khusus. Sehingga segala catatan tiap harinya dapat dijadikan patokan, apakah harus dilakukan pergantian komponen.

Orang berpikir sangat sulit untuk menjaga kondisi alat berat, namun faktanya terbilang cukup mudah jika tepat. Tahapan merawat crawler crane ini dapat berguna bagi vendor yang bergerak dibidang penyewaan jasanya.