Tips Perawatan Pompa Air Celup yang Benar Agar Awet


Tips Perawatan Pompa Air Celup yang Benar Agar Awet

Membeli pompa air celup itu harganya tidak murah. Ketika sudah membelinya, jangan hanya digunakan saja seperti biasa. Tapi juga dirawat meski memang butuh proses karena memiliki beberapa bagian di dalamnya.


Untuk jenis pompa satu ini ada dua. Satunya untuk kedalaman yang sangat curam, bahkan lebih 100 meter. Sementara jenis satunya lebih ke arah portable. Memiliki kedalaman yang sangat terbatas sehingga penggunaannya juga tertentu saja.


Dari dua jenis tersebut perawatannya memang berbeda. Jika belum berpengalaman membersihkan pompa celup tipe besar, lebih baik mencari mekanis saja agar tidak salah. Berbeda untuk portable, itu jauh lebih mudah.


Merawat Pompa Air Celup Portable Lebih Mudah


Karena memang pompa celup ada 2 jenis, untuk biasa dan portable, maka cara perawatannya memang berbeda. Pembahasan pertama ini, kami akan menjelaskan tentang perawatan dari portable. Namanya juga portable, tidak jauh-jauh dengan hal simple dan sangat sederhana.


Begitu juga untuk jenis submarsible satu ini. Biasanya untuk pompa air celup portable antara kabel dan juga selang sudah dijadikan satu paket ketika baru membelinya. Dalam pemasangan dan penggunaannya juga sangat mudah.


Bahkan digunakan untuk mengeluarkan air banjir dari dalam rumah, juga bekerja dengan sangat baik. Begitu juga bila ingin melakukan filterisasi pada air dalam tangki penyimpanan air rumah.


Dalam perawatannya, karena mudah dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain, mungkin tidak butuh mekanis. Sebab, kadang alat ini tidak digunakan jangka panjang secara terus menerus.


Jadi, saat sudah selesai digunakan, pompa ini akan dinaikkan kembali dan dimatikan mesinnya. Bersihkan bagian luar dengan alat-alat kebersihan lain agar tidak ada lumut.


Sebab, kinerjanya antara pompa air celup biasa dan portable itu sama-sama masuk ke dalam air. Jangan lupa, untuk komponen-komponennya, perlu dibersihkan dengan sangat hati-hati.


Jangan sampai salah memutus sambungan tertentu hingga nanti mesinnya ada yang mati dan tidak berfungsi lagi. Tidak lupa juga untuk melihat bagian impellernya.


Bagian impeller jika ada kotoran harus dibersihkan dengan baik. cukup dengan kain bersih saja, itu saja juga baik dalam melakukan perawatan.


Tahapan Membersihkan Pompa Celup Tipe Besar


Lalu untuk jenis kedua adalah pompa air celup skala besar. Di mana ini dicelupkan pada kedalaman air yang sangat dalam, puluhan hingga ratusan meter. Lalu, bagaimana cara membersihkannya bila seperti itu?


Untuk pemula, memang tidak bisa melakukannya sendiri. Sebab, komponen-komponennya banyak yang sensitif. Jadi, perlu mekanis untuk melakukannya. Terkadang, perawatan seperti ini, ketika dirasa aliran airnya sudah tidak cepat lagi, dan performanya sangat menurun.


Apabila merasa demikian, jangan menunggu nanti-nanti. Meski terbilang awet, jika tidak ada perawatan, sama juga bohong. Harus tetap dilakukan perawatan sebelum terjadi kerusakan.


Memang perlu waktu panjang untuk bisa merawat seluruh bagian yang ada di dalam pompa, seperti berikut :

  1. Pertama, memang harus membersihkan beberapa komponen yang ada di dalam pompa air celup. Mulai dari kontrol panel hingga MCB induk harus dicek dan dicatat kondisinya.

  2. Tahap kedua ke arah impeller. Jika ada benda atau kotoran pada bagian tersebut, langsung saja disingkirkan.

  3. Agar distribusi air semakin baik, baut-baut pada pipa harus dikencangkan sebaik mungkin.

  4. Periksalah seluruh bagian casing pompa. Takut ada kebocoran di sana, karena dapat mengganggu motor penggeraknya.

  5. Jangan lupa untuk melihat kondisi kabel, apakah terkoneksi baik atau tidak yang ada di dalam tangki air.

Benda tersebut awet digunakan ketika Anda benar merawatnya dan bisa mengecek seluruh bagian dengan baik. masih kurang ilmu dalam merawat pompa air celup. Tanya ahlinya atau panggil teknisi.