top of page

Tutorial Singkat Cara Merawat Obeng Torsi yang Efektif Agar Awet



Obeng torsi merupakan salah satu jenis obeng yang keunikannya terletak pada komponen mekanismenya. Obeng torsi memang dilengkapi dengan komponen dan mekanisme khusus yang berfungsi untuk mengatur seberapa besar torsi yang akan dihasilkan oleh obeng tersebut. Jadi torsi dapat diatur secukupnya, hal itu supaya tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil, yang mana itu agar ada dampak efisien saat digunakan.


Obeng torsi atau torque screwdriver sendiri biasanya digunakan untuk keperluan pembuatan mesin, manufaktur, dan maintenance. Oleh karena itu adanya kekuatan atau kekencangan baut yang harus seragam, maka dibutuhkanlah obeng torsi. Nah agar obeng torsi bisa selalu prima dan awet atau tahan lama, maka obeng tersebut perlu dirawat dengan benar, yaitu dengan cara merawat seperti yang ada di bawah ini!


Tutorial Singkat Cara Merawat Obeng Torsi yang Efektif Agar Awet

Menggunakan Obeng Torsi Sesuai dengan Penggunaannya

Cara membuat obeng torsi itu terawat atau bisa selalu awet dan tahan lama, maka hal itu bisa diwujudkan dari penggunaannya yang harus selalu tepat dan benar. Jadi penggunaan diluar dari fungsinya yang sebenarnya, maka itu sangat tidak disarankan dilakukan pada obeng torsi. Itu karena bisa membuat obeng torsi mudah rusak, seperti malfungsi ataupun kerusakan lain sebagainya.


Membersihkan Obeng Torsi Setelah Dipakai atau Tidak Dipakai

Agar obeng torsi bisa selalu awet, maka ada baiknya obeng tersebut dijaga kebersihannya. Nah jika tidak demikian, maka kotoran bisa saja mempengaruhi mekanisme penggerak dari obeng torsi, sehingga itu menghasilkan cara kerja yang salah atau berdampak buruk pada yang lainnya. Jika memang sudah terlanjur kotor karena adanya pengerjaan di tempat yang kotor, maka ada baiknya obeng torsi dibersihkan sesegera mungkin agar kotoran tidak masuk lebih dalam ke dalam mekanisme obeng torsi. Namun cara membersihkannya pun harus benar dan tepat, serta harus selalu hati-hati.


Menempatkan Obeng Torsi Pada Tempat yang Sebenarnya

Layaknya perkakas lain atau obeng lain, obeng torsi tentunya perlu ditaruh di tempat yang sebenarnya, alias tempat yang memang sudah dianjurkan. Contohnya seperti di tool box, tempat kering dan bersih, ataupun tempat yang memang aman. Nah jika Anda tidak lakukan penempatan obeng torsi di tempat yang sudah disarankan, maka jangan heran jika obeng torsi bisa mudah rusak, seperti karatan ataupun kerusakan lainnya yang fatal.


Tidak Menggabungkan Obeng Torsi dengan Objek Lain

Pada dasarnya, obeng torsi adalah obeng yang bisa bergonta-ganti mata obeng yang ada padanya. Jadi penggunaannya pun sebenarnya bisa luas pada beberapa jenis baut ataupun sekrup yang ada. Nah oleh karena itu, obeng torsi perlu digunakan dengan yang sebenarnya, alias salah satunya tidak memodifikasi obeng tersebut, seperti menambahkan objek lain ataupun sebagainya yang memang mempengaruhi obeng torsi tersebut.


Jadi itulah cara atau tutorial singkat dari kami mengenai cara efektif dalam merawat obeng torsi agar bisa selalu awet. Semoga artikel ini jadi manfaat untuk Anda dan juga kepada yang lainnya. Nah bilamana Anda tertarik dengan obeng atau mungkin perkakas lainnya, maka rekomendasi terbaik dan berkualitas dari kami ada pada perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka, Anda bisa memilikinya atau ketahui lebih lengkapnya di IndahJaya.com


bottom of page