Wajib Tahu, Cara Mengatasi Impeller Pipa Celup Macet


Wajib Tahu, Cara Mengatasi Impeller Pipa Celup Macet

Impeller adalah salah satu komponen penting dalam pompa air. Apabila komponen ini mengalami kerusakan, maka kinerja pompa menjadi terganggu. Namun begitu, kini cukup banyak ditemukan pompa air rusak akibat komponen impeller mengalami kemacetan. Untuk itu, dibutuhkan cara mengatasi impeller pipa celup macet yang tepat sehingga masalah tersebut bisa cepat diselesaikan.


Untuk mengatasi impeller yang bermasalah, Anda tentu harus mengetahui berbagai informasi penting yang menyebabkan masalah tersebut. Berikut ini adalah informasi penting terkait kerusakan impeller pipa celup yang yang macet.


Apa Itu Impeller?

Telah disebutkan sebelumnya bahwa impeller merupakan salah satu komponen yang sangat penting di pompa air celup. Sebenarnya, impeller ini merupakan sebuah komponen mesin pompa air yang berbentuk kipas bergerigi. Biasanya, impeller terbuat dari besi yang memiliki daya tahan yang kuat.


Fungsi dari komponen impeller yaitu untuk menghasilkan tenaga hisap serta tenaga dorong. Tenaga hisap serta tenaga dorong tersebut sangatlah dibutuhkan dalam pompa air celup. Dengan adanya tenaga tersebut, maka siklus pemompaan air dapat terjadi.


Penyebab Impeller Pipa Celup Macet

Ketika impeller pipa celup menjadi macet, maka kinerja dari pompa air juga menjadi terpengaruh. Pompa air yang impellernya tidak berjalan semestinya bisa mengakibatkan berbagai kerusakan lain. Sebelum masuk ke pembahasan cara mengatasi impeller pipa celup macet, sebaiknya Anda mengetahui tentang penyebab permasalahannya terlebih dahulu.


Penyebab yang membuat impeller pompa air menjadi macet atau tidak berfungsi adalah adanya material asing yang masuk ke dalam komponen. Apabila terdapat material asing yang masuk ke dalam impeller, maka membuat baling-balingnya tidak bisa berputar seperti biasanya. Material asing tersebut mampu menjadi penghambat dari perputaran komponen impeller.


Indikator dari terganggunya putaran dari impeller yaitu perputarannya yang menjadi tidak stabil atau menjadi tidak bergerak sama sekali. Apabila jumlah material asing tersebut semakin banyak, maka impeller bisa menjadi tidak bergerak sama sekali atau macet.


Cara Mengatasi Impeller Pompa Celup Macet

Setelah mengetahui bahwa penyebab dari impeller yang macet adalah adanya material asing yang masuk ke dalam komponen, selanjutnya Anda bisa mempelajari cara penanganannya. Cara mengatasi masalah impeller yang macet dapat dikatakan mudah untuk dilakukan.


Berikut ini adalah urutan cara-cara mengatasi komponen impeller pipa celup yang macet akibat dari adanya material asing yang masuk.


1. Lepas cover penutup kipas

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi impeller macet akibat material asing adalah melepas cover penutup kipas. Lepaskan cover tersebut dengan cara melepas baut-baut yang menyatukannya.


2. Bersihkan material asing

Apabila cover penutup kipas telah berhasil terbuka, hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membersihkan material asing yang tersangkut di dalamnya. Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan kuas sehingga bisa sampai bersih.


3. Menyiramkan air

Apabila setelah dibersihkan menggunakan kuas masih terdapat material yang tersisa, maka Anda bisa menyiramkan air melalui lubang hisap. Siram material tersebut hingga berhasil menghilang.


Sekian informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi impeller pipa celup macet. Mengatasi impeller macet memang bisa dengan mudah secara mandiri seperti langkah-langkah di atas. Namun, bagi Anda yang belum memahami hal tersebut dan ingin mengetahui informasi lain seputar impeller pipa celup, maka Anda bisa mengunjungi situs indahjaya.com.