Yuk, Ikuti 5 Cara dan Prosedur Aman Menggunakan Genset


Yuk, Ikuti 5 Cara dan Prosedur Aman Menggunakan Genset

Sekarang ini, sudah banyak orang tetap merasa tenang walau ada pemadaman listrik secara mendadak. Tentunya, hal ini dapat terjadi karena kehadiran dari mesin genset yang memberikan kemudahan sendiri. Anda dapat mengerjakan pekerjaan seperti biasanya walaupun mati listrik. Anda hanya perlu mengetahui cara dan prosedur aman menggunakan genset.


Mesin yang satu ini digunakan oleh banyak orang dalam berbagai macam keperluan. Anda dapat menemukan mesin ini di banyak tempat usaha atau perusahaan.


Bahkan, sekarang ini sudah banyak digunakan dalam perumahan juga. Beberapa orang juga membawa genset portable ketika melakukan camping dan lainnya. Yuk, simak di sini untuk cara pemakaian yang tepat.


5 Cara dan Prosedur Aman Menggunakan Genset


Banyak orang berpikir bahwa menyalakan genset dapat langsung menyalakan saja. Nyatanya, ada banyak hal yang harus Anda perhatikan dalam pemakaian mesin. Sedikit kesalahan saja dapat memberikan efek yang fatal pada mesin.


Dengan begitu, Anda harus jauh lebih hati-hati dan menggunakan langkah yang sesuai sehingga dapat menghindari kesalahan.


1. Penempatan yang benar

Langkah mudah yang dapat Anda lakukan adalah penempatan mesin yang benar. Anda dapat meletakkan genset pada tempat yang sesuai. Jangan memasukkan genset dalam ruangan yang tertutup.


Anda juga tidak boleh memasukkan genset ke dalam ruangan karena sangat berbahaya untuk manusia. Mesin ini menghasilkan karbon monoksida yang sangat berbahaya.


Kemudian, jika Anda masukkan ke dalam rumah, carbon ini akan bergabung dengan udara yang dihirup juga. Dengan begitu, Anda dapat meletakkan mesin di bagian luar sehingga mendapatkan sirkulasi udara yang sesuai.


Namun, walaupun diletakkan di luar, Anda harus memastikan mesin tidak terkena air hujan karena dapat merusak semua komponen yang ada.


2. Cek bahan bakar

Anda harus mengecek bahan bakar yang ada pada mesin sebelum digunakan. Coba lihat pada tangki dan pastikan kalau bahan bakar tidak tercampur dengan bahan lainnya sehingga dapat menyala dengan baik nantinya.


Anda dapat mengisi bahan bakar jauh lebih dulu untuk memastikan kinerja mesin. Anda juga tidak boleh mengisi terlalu banyak. Isi juga bagian oli untuk kepentingan genset.


3. Kabel genset aman

Cara dan prosedur aman menggunakan genset lainnya yang harus Anda lakukan adalah memastikan kalau kabel genset dalam keadaan yang baik. Anda tidak boleh membiarkan kabel mesin terendam oleh air. Hal ini bisa berakibat besar hingga menyebabkan kebakaran.


Biasanya, sering terjadi konsleting karena ada kabel yang terbuka dan terkena air.


4. Biarkan genset panas dulu

Dalam penggunaan mesin, Anda harus membiarkan genset panas sebentar. Jangan langsung menggunakan berbagai macam peralatan elektronik jika genset baru menyala.


Biarkan semua komponen genset berjalan dengan baik dulu dalam waktu 5 atau 10 menit. Langkah ini sangat penting untuk dilakukan dan dapat dikatakan langkah perawatan yang tepat.


5. Penggunaan genset

Anda juga tidak boleh membuat mesin langsung bekerja keras ketika menyala. Alangkah baiknya jika memulai dari beberapa peralatan elektronik yang memakan daya kecil jauh lebih dulu. Barulah nanti masuk ke penggunaan daya besar.


Itulah beberapa cara dan prosedur aman menggunakan genset yang dapat dilakukan. Langkah ini juga dapat membuat mesin menjadi lebih awet. Anda juga dapat membeli produk yang kuat dengan cek ke dalam PT. Indah Jaya Teknik Presisi yang mempunyai banyak penawaran. Cukup cek produk dalam http://indahjaya.com