Yuk, Ikuti 5 Tips Merawat Genset Agar Lebih Awet


Yuk, Ikuti 5 Tips Merawat Genset Agar Lebih Awet

Listrik menjadi hal yang penting untuk banyak orang dalam berbagai macam hal. Tidak hanya digunakan untuk bekerja saja, listrik merupakan komponen yang penting dalam kehidupan. Bahkan, lampu tidak akan menyala tanpa adanya listrik. Tenang, dalam saat seperti ini, Anda dapat menggunakan genset. Jadi, penting untuk tahu tips merawat genset agar lebih awet.


Dengan merawat genset yang akan digunakan dalam kejadian tidak terduga. Maka, Anda akan memperoleh kemudahan ketika membutuhkan mesin ini nantinya. Tentunya, tidak ada orang yang dapat memperkirakan kapan listrik akan padam.


Apalagi untuk melakukan bisnis, penting untuk memastikan listrik selalu menyala. Untuk itu, jangan ada kerusakan pada genset.


5 Tips Merawat Genset Agar Lebih Awet

Anda dapat menggunakan genset untuk waktu yang lama tanpa harus memperbaiki terus menerus. Tentunya, hal ini hanya dapat terjadi jika Anda dapat merawat mesin dengan baik.


Anda hanya perlu menggunakan beberapa langkah sederhana sehingga dapat menghemat banyak uang nantinya. Berikut langkah mudah yang dapat Anda lakukan dapat melakukan perawatan.


1. Rutin panaskan genset

Langkah pertama yang dapat Anda gunakan adalah rutin mematikan genset. Anda dapat memanaskan genset satu kali seminggu. Tentunya, tidak hanya mesin seperti mobil atau motor saja yang harus dipanaskan.

Mesin genset juga harus Anda panaskan sehingga tidak akan ada masalah nantinya. Hal ini berguna agar mesin tetap aktif dan dapat berjalan ketika starting.


2. Periksa aki

Tips lainnya yang dapat Anda manfaatkan untuk memastikan genset dalam keadaan baik adalah memeriksa pada bagian aki genset. Tentunya, bagian ini juga harus diperhatikan dengan baik dan pastikan kalau tidak ada alur koneksi terminal yang longgar.

Langkah ini penting diperhatikan untuk memastikan tidak ada karatan yang dapat menghambat kinerja mesin.


3. Memeriksa bahan bakar

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah memastikan kalau filter alat bakar dalam kondisi yang baik. Jalur bahan bakar pastinya tidak boleh bergesekan dengan benda karena dapat menyebabkan kegagalan fungsi.


Anda dapat langsung mengatasi keretakan atau juga lecet yang ada pada fitting agar dapat menjalankan mesin dengan baik.


4. Pemeriksaan sistem kontrol

Tips merawat genset agar lebih awet lainnya adalah memeriksa sistem kontrol yang ada. Pemeriksaan ini berguna untuk melancarkan penyaluran beban pada mesin.


Anda dapat memeriksa secara teratur dan memastikan log data benar dalam proses pemanasan mesin. Jangan lupa juga untuk mengembalikan sistem kontrol ke dalam bagian normal automatic stand by.


5. Periksa indikator mesin

Anda juga dapat menggunakan langkah mudah dengan memeriksa indikator mesin yang ada. Langkah ini jelas penting untuk dilakukan sehingga dapat menghindari berbagai macam masalah pada mesin.


Bagian indikator ini berguna untuk pemeriksaan tekanan oli dan juga suhu radiator. Anda dapat memeriksa performa mesin ketika bekerja dari suara mesin sendiri.


Jangan sampai mengalami kerusakan hingga kegagalan pembakaran kemudian adanya getaran dan juga asap knalpot berlebihan. Kemudian, jangan abaikan penurunan kekuatan atau peningkatan dalam pemakaian bahan bakar.


Beberapa tips merawat genset agar lebih awettersebut dapat Anda manfaatkan dengan mudah untuk menghindari berbagai macam masalah pada mesin. Cobalah untuk menggunakan langkah sederhana sehingga tidak akan merusak mesin. Anda juga dapat cek mesin berkualitas dengan PT. Indah Jaya Teknik Presisi di website http://indahjaya.com